Butuh Dana Rp 20 Miliar, Kubah Datu Kelampayan Direnovasi

0

JANJI Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor untuk segera memugar kubah makam Syekh Muhammad Arsyad Albanjari di Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar akan segera dipenuhi. Sebab, dalam peringatan haul akbar Datu Kelampayan-gelar anumerta Syekh Muhammad Arsyad Albanjari beberapa waktu lalu, H Sahbirin Noor sudah mengucapkan hal itu.

SELAMA ini, kawasan Kelampayan merupakan salah satu pusat wisata religi di Kalimantan Selatan yang banyak dikunjungi warga, bukan hanya dari Kalsel tapi juga dari Kalteng dan Kaltim, bukan luar Pulau Kalimantan.

Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, Nurul Fajar Desira mengakui pemugaran kubah makam Syekh Muhammad Arsyad Albanjari di Dalam Pagar Ulu itu akan ditangani leading sektor yakni Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel. “Dengan pemugaran itu, kawasan Kelampayan akan terlihat bersih, bagus dan nyaman sehingga para penziarah pun merasa senang. Nanti, untuk alokasi dananya diusulkan masuk dalam APBD Perubahan 2017 ini,” ucap Nurul Fajar Desira kepada wartawan di Banjarbaru, Selasa (4/7/2017).

Sedangkan, Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, Ida Saptika Sari mengakui aset kubah serta kawasan yang ada di Kelampayan itu merupakan aset milik Pemkab Banjar. Untuk itu, Ida mengatakan memang perlu koordinasi dan sharing dana antara Pemprov Kalsel dan Pemkab Banjar. “Dari penelusuran kami, ternyata dokumen perencanaan atau detail engineering design (DED) pemugaran kubah Datu Kelampayan itu sudah dilaksanakan Pemkab Banjar. Makanya, atas pertimbangan itu, Pemprov Kalsel bersama Pemkab Banjar harus keroyokan untuk menanganinya. Sebab, berdasar DED itu nilai proyek pemugaran ini mencapai Rp 20 miliar,” kata Ida.

Namun, Ida memprediksi nilai proyek itu tergolong besar bagi Dinas Pariwisata Kalsel yang harus berbagi dalam berbagai kegiatan. “Makanya, kami setuju jika diusulkan dalam APBD Perubahan 2017, mengingat waktunya yang makin sempit dalam proses lelang. Semoga alokasi anggaran bisa dinaikkan,” cetusnya.(jejakrekam)

Penulis : Wan Marley

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Panoramio.com

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.