Arus Mudik di Trisakti Diprediksi Naik 2 Persen

0

PT PELINDO II Cabang Banjarmasin memprediksi kenaikan arus mudik melalui pelabuhan Trisakti Banjarmasin ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya hanya mencapai 2 persen dibanding tahun 2016 lalu atau mencapai 26.584 penumpang.

HAL ini diungkapkan General Manager PT Pelindo III Cabang Banjarmasin Fariz Hariyoso di sela melakukan sidak lapangan, Senin (5/6/2017) di Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.”Kalau berkaca dari data beberapa tahun sebelumnya, paling tahun ini kenaikan pemudik hanya mencapai 2 persen dari pencapaian tahun 2016 lalu. Walau begitu kita tetap berupaya menyambut arus mudik seoptimal mungkin,” ucapnya.

Adapun persiapan yang dilakukan sendiri, pihaknya sudah jauh hari menyediakan beberapa fasilitas tambahan untuk mendukung kenyamanan penumpang saat menunggu kapal sandar. “Mulai dari ruangan bermain anak, air siap minum, mushalla, kursi tunggu yang lebih banyak hingga penambahan WC umum sudah kita lakukan. Bahkan kini dengan sudah bisa dipakainya ruangan atas terimal penumpang sudah bisa menampung maksimal 2.100 orang pemudik,” bebernya.

Bukan hanya fasilitas berbentuk fisik, pelayanan non fisik seperti pelayanan kesehatan pun nantinya juga akan dibuka bekerjasama dengan instansi terkait dengan membuat posko bersama. “Jadi nanti bagi yang kondisi kesehatannya kurang baik saat menunggu di pelabuhan penumpang, bisa diberikan pertolongan sementara terlebih dahulu,” kata Fariz.

Sedangkan untuk kapal, dari informasi para operator kapal penumpang  disediakan kurang lebih 7 kapal untuk melayani rute Banjarmasin-Surabaya atau sebaliknya selama momen Ramadhan kali ini.”Kalau tak cukup mereka menjanjikan akan menambah lagi sesuai kebutuhan. Jadi tentu saya pastikan kejadian kekurangan kapal pada tahun 2015 lalu kemungkinan besar takkan terjadi lagi,” bebernya.

Menurut Fariz, biasanya jika berkaca pada tahun 2016 lalu, kedatangan pemudik ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin mulai mengalami lonjakan pada H-10 dan akan mencapai puncaknya pada H-1 menjelang lebaran.”Untuk saat ini mulai dari awal puasa sampai H-21 sebelum lebaran kurang lebih sudah ada sekitar 1.919 penumpang yang naik kapal menuju Surabaya. Angka ini jika dibanding dengan tahun 2016 lalu memang turun, karena tahun lalu dari awal puasa sampai H-21 jumlah pemudik sudah mencapai 2.307 penumpang,” tuturnya.

Sementara itu, Arianto, salah satu pemudik asal Pelaihari Kabupaten Tanah Laut (Tala) mengaku, fasilitas yang disediakan PT Pelindo III di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin saat ini  bagi penumpang sudah cukup baik.Salah satunya, menurut lelaki yang berprofesi sebagai pedagang keliling itu, tempat bermain anak yang memungkinkan anaknya bisa bermain sembari menunggu jadwal kapal KM Kumala sandar di pelabuhan.”Sekarang tempat menyusui juga ada, ini tentunya sangat membantu istri saya jika ingin menyusui anak terkecil saya yang kebetulan saya bawa juga untuk pergi mudik ke Surabaya,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Editor   : Afdi NR

Foto     : Afdi NR

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.