Jelang Kedatangan JK, Pengamanan di Kalteng Makin Diperketat

0

JELANG sehari kedatangan Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla (JK) ke Bumi Tambun Bungai, Kalimantan Tengah, Rabu (26/4/2017), Pangdam XII/ Tanjung Pura, Mayjen TNI Andika Perkasa, langsung memantau tempat pelaksanaan kegiatan serta sejumlah titik yang akan dilalui orang nomor dua di Republik Indonesia ini.

BAHKAN jenderal bintang dua ini, juga langsung memimpin apel pengamanan di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Selasa (25/4/2017). Apel juga dihadiri Penjabat Sekda Pemprov Kalteng, Syahrin Daulay,  Kapolda Kalteng, Brigjen Polisi Anang Revandoko dan Dandrem 102 Panju Panjung, Kolonel Arm M Naudi Nurdika.

Kedatangan JK dalam rangka memberi kuliah umum pada Rapat Kerja Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS) se-Indonesia di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP), dari 24-27 April 2017.

“Sejak hari Kamis kemarin, sejumlah perbaikan dan evaluasi-evaluasi persiapan pengamanan VVIP, sudah dilakukan hingga sekarang. Memang seharusnya sudah mencapai 98 persen siap, tetapi dianggap perlu melakukan kegiatan gladi bersih untuk menyempurnakan kesiapan benar-benar 100 persen,” kata Pangdam XII/Tanjung Pura, Mayjen TNI Andika Perkasa usai apel gelar pengamanan.

Sebanyak 1454 aparat gabungan, yakni  980 TNI Angkatan Darat (AD), 35 TNI Angkatan Udara (AU) dan 435 jajaran Polda Kalteng, dikerahkan untuk membantu pengamanan kedatangan JK.

Sementara itu, Kapolda Kalteng Brigjen Polisi Anang Revandoko, mengatakan, jajaran Polri, TNI dan seluruh pemerintah daerah dan Pemerintah Provinsi Kalteng,  bersama-sama melakukan pengecekan kesiapan kedatangan JK, sejak Jumat (21/4/2017) sampai sekarang.

Penjabat Sekda Pemprov Kalteng, Syahrin Daulay, mengatakan dengan kedatangan JK merupakan suatu kehormatan bagi Kalteng. Walaupun, saat ini Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran masih berada di Jakarta,  mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan  (Musrembang) Nasional. Tetapi Pemprov Kalteng, tetap akan memfasilitasi seluruh kegiatan.”Kita berharap kunjungan wapres ke sini, dapat berjalan dengan lancar, dan aman. Itulah yang diharapkan bersama,” ujar Syahrin Daulay.

Sementara itu, dari pantauan langsung di lapangan, hampir sejumlah titik yang akan dilalui JK, aparat keamanan dengan bersenjata lengkap, terlihat sudah berjaga-jaga sejak beberapa hari lalu. Bahkan UMP, tempat JK memberi kuliah, sterilisasi telah dilakukan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.(jejakrekam)

Penulis  :  Tiva Rianthy
Editor    :  Didi G Sanusi
Foto       :  Tiva Rianthy

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.