CPI-LSI Network Hitung Cepat Unggulkan Noormilyani di Batola 1

0

DARI 200 tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan Citra Publik Indonesia (CPI) bersama Lingkaran Survei Indonesia (LSI) sebagai sampel, tercatat pemenang pemilihan Bupati-Wakil Bupati Barito Kuala (Batola) yang dihelat pada Rabu (15/2/2017) adalah duet pasangan calon nomor urut 1, Noormiliyani Aberani Sulaiman-Rahmadian Noor.

SEBETULNYA di Kabupaten Batola, yang menggelar pemungutan suara sebanyak 608 TPS. Namun, berdasar hasil hitung cepat (quick count) CPI-LSI Network dengan data yang sudah masuk 100%, sudah bisa menunjukkan persentase kemenangan Hj Noormiliyani-Rahmadian Noor (Dua Noor) terhadap dua pesaingnya, H Bahrian Noor-H Suwandi dan Hasan Ismail-Fahrin Nizar.

Direktur CPI-LSI Network, Hanggoro Doso Pamungkas dalam jumpa pers di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (15/2/2017), mengungkapkan pasangan Dua Noor meraih 48,11 persen suara. Menyusul di posisi kedua adalah Hasan Ismail-Fahrin Nizar dengan 34,61 persen. Sedangkan, di posisi buncit adalah H Bahrian Noor-Suwandi dengan 17,28 persen suara.

Dengan metodologi quick count versi teknik multistage random sampling, Hanggoro menegaskan 200 TPS yang dijadikan sampel sudah menggambarkan fakta sebenarnya. “Sampel TPS yang tersebar di Batola, secara proporsonal dihitung berdasar jumlah pemilih dan dipilih secara acak,” ujar Hanggoro. Ia memastikan tingkat partipasi pemilih (voter’s turn out) mencapai 69,14%, dengan sampling error (tingkat kesalahan) hanya sekitar 1 persen.

Ia menjelaskan dari distribusi suara versi quick count, Dua Noor merajai hampir di seluruh daerah pemilihan (dapil) Batola 1 mencakup Rantau Badauh, Cerbon, Bakumpai, Kuripan, Tabukan, Marabahan dengan 43,14 persen, mengalahkan rivalnya di kisaran 21,95 persen (nomor urut 2), dan 34,91 persen (3). Begitupula, di dapil Batola II (Anjir Pasar, Anjir Muara, Belawang, Barambai, dan Wanaraya) berbanding 51,84 persen (1), 13,46 persen (2), dan 34,70 persen. Sedangkan, di Batola III (Alalak, Mandastana, dan Jejangkit), Dua Noor lagi-lagi meraup 40,63 persen, menaklukkan rivalnya hanya 22,47 persen (2), dan paslon nomor urut 3 hanya 36,90 persen. Terakhir, di Batola IV (Tabungangen, Tamban, Mekar Sari), Dua Noor unggul 57,14 persen, jauh di atas nomor urut 2 (11,35%) dan nomor urut 3(31,51 persen).

Hanggoro mengilustrasikan ada beberapa keunggulan yang membuat Dua Noor menang mutlak di Batola, disebabkan tingkat pengenalan dan kesukaan pemilih terhadap keduanya sangat tinggi. Ia menjelaskan dari survei Maret 2016 hingga Februari 2017, pengenalan terhadap Noormiliyani (istri Bupati Batola Hasanuddin Murad) teratas. “Tingkat kesukaan pemilih terhadap Noormiliyani juga serupa dengan Rahmadian Noor,” cetus Hanggoro.

Namun, Hanggorotetap meminta publik menunggu hasil resmi dari KPUD Batola sebagai bahan acuan. “Yang pasti, hasil quic count CPI-LSI Network ini tak akan meleset jauh dari real count (perhitungan nyata) KPUD. Sebab, margin of error hanya kurang lebih 1 persen,” imbuhnya.(jejakrekam)

Laporan Tim jejakrekam.com

Foto    : Iman S

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.