ACT

Mencuat 7 Paslon Bakal Berlaga di HST 1 dan 2, Ini Formasinya!

0 1.837

RUMOR yang menyebutkan Akhmad Rozanie Himawan Nugraha bakal batal berlaga dalam pemilihan Bupati-Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), makin membuat peta politik di Bumi Murakata, kian dinamis.

ROZANIE yang juga anggota DPRD Kalimantan Selatan dari Partai Nasdem ini dikabarkan bakal berduet dengan Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansyur untuk suksesi 2020. Sebelumnya, Sekretaris DPW Partai Nasdem Kalsel ini cukup gencar menyosialisasikan diri bakal bertarung di perebutan HST 1 dan 2.

Sedangkan, komposisi parpol peraih kursi di DPRD HST hanya Partai Gerindra dengan 8 kursi dan enam kursi Golkar yang bisa mengusung sendiri. Sedangkan, Partai Nasdem hanya empat kursi, tiga kursi milik PPP dan PKS.

BACA : Elektabilitas Tinggi, PKPI Bulat Usung Berry Jadi Cabup HST

Sementara, PDIP hanya punya dua kursi, dan sisanya masing-masing satu kursi adalah Partai Berkarya, PAN, PBB dan PKPI. Menariknya, pasca wafatnya mantan Bupati Harun Nurasid beberapa waktu lalu, dinamika politik di HST makin berdetak.

Hingga kini, bongkar pasang bakal calon Bupati-Wakil Bupati HST pun mulai mengemuka. Informasi yang dihimpun jejakrekam.com, mengerucut ada tujuh pasangan calon.

Yakni, dr Asnal (Direktur RSUD Damanhuri Barabai) dirumorkan berduet dengan Wakil Ketua DPW PPP Kalsel, Taufiqur Rahman. Kemudian, dari Golkar, nama Wakil Ketua DPRD HST H Saban Effendi bergandeng dengan Kepala Cabang Bank Kalsel Barabai, Habib Abdillah Alaydrus.

BACA JUGA : Harun Nurasid Tiada, Parpol di HST Mulai Susun Deal Politik Baru

Sementara itu dari PKS yang maju lewat jalur independen, terdapat nama H Faqih Jarjani, mantan Wakil Bupati HST bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil HST, Abu Yazid Bustami.

Sedangkan, Wakil Bupati yang juga Ketua DPC PDIP HST Berry Nahdian Forqan dikabarkan bakal dipasangkan dengan anggota DPRD HST dari Gerindra, Tajudin atau Mayor Inf H Fahrijani (Kasdim 1002 Barabai).

Dari jalur non parpol atau perseorangan, muncul nama putra mantan Bupati HST Saiful Rasyid, Aulia Oktaviandi yang juga berlaga di Pilkada HST 2015 silam, berduet dengan mantan anggota DPRD Kalsel dari Golkar, Mansyah Sabri. Nama Sekdakab HST H Akhmad Tamzil dan HM Ilham Effendi serta Ketua PCNU Banjarbaru, H Muslih Amberi yang juga dosen FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dikabarkan berpasangan dengan seorang advokat, Andi Mahmudi, turut meramaikan bursa calon.

BACA JUGA : Mantap Mencalon Bupati HST, Berry Akui Didekati Banyak Figur

Wakil Ketua DPW PPP Kalsel Taufiqur Rahman mengakui saat ini bongkar pasang duet bakal calon, jelang Pilkada HST 2020 makin dinamis. Ia menyebut dirinya pernah dipanggil Partai Gerindra dan Partai Nasdem untuk mempresentasikan keinginannya untuk berlaga.

“Ya, saya bersama dr Asnal sempat dipanggil berpasangan. Memang, saat ini, semua pasangan bakal calon masih bongkar pasang. Artinya, sebelum ada keputusan resmi dari partai pengusung, maka semua kans itu terbuka,” ucap Taufiqur Rahman kepada jejakrekam.com, Minggu (26/1/2020).

BACA LAGI : H Saidi – H Zani Di Pilbup Banjar 2020?

Ia mengakui PPP sendiri hanya punya tiga kursi, sehingga butuh suntikan tiga kursi lagi untuk bisa memenuhi syarat minimal 20 persen koalisi parpol pengusung.

“Yang pasti, semua ikhtiar politik harus tetap dijalani, karena sebelum KPU resmi membuka masa pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati, semua peluang masih terbuka,” tandasnya.

Ini Formasi Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati HST

  1. Dr Asnal-Taufiqur Rahman
  2. H Saban Effendi-Habib Abdillah Alaydrus
  3. H Faqih Jarjani-Abu Yazid Bustami
  4. Berry Nahdian Forqan-Tajudin atau Fahrijani
  5. Aulia Oktaviandi-H Mansyah Sabri
  6. H Akhmad Tamzil-HM Ilham Effendi
  7. H Muslih Amberi-Andi Mahmudi.(jejakrekam)
Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.