ACT

Irma Suryani, Deklamatris Banjarbaru Harumkan Banua di Satu Dekade Rendra

0 5.932

SASTRAWAN Kalimantan Selatan turut menggemakan Lomba Baca Puisi karya WS Rendra tahun 2019 di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jalan HR Rasuna Said Kav C22, Kuningan, Jakarta Selatan, 6-7 November 2019.

PERHELATAN yang mengusung Satu Dekade Mengenang Renda 2009-2019, Rindu Renda Megatruh digelar Komunitas Burung Merak Rendra, juga diikuti para sastrawan kawakan asal Kalimantan Selatan, seperti Micky Hidayat dan lainnya.

Bahkan, Irma Suryani, deklamatris asal Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan berhasil menyabet juara favorit dalam Lomba Video Baca Puisi Rendra Tingkat Nasional Tahun 2019.

Kepada jejakrekam.com, Minggu (10/11/2019), Micky Hidayat mengungkapkan atas titel juara favorit itu, Irma Suryani berhak memboyong hadiah berupa piala dan uang Rp 4 juta.

“Ya, deklamatris asal Banjarbaru, Irma Suryani ini harus bersaing dengan 850 video yang dikirim peserta dari berbagai penjuru tanah air. Yakni, 180 kabupaten dan kota yang tersebar di 30 provinsi se-Indonesia,” kata Micky Hidayat.

BACA : Mengimpikan Penyair Perempuan Banua dengan Karya Berkualitas

Putra sastrawan legendaris Banua, Hijaz Yamani ini mengungkapkan sebelum pengumuman pemenang lomba di puncak acara Satu Dekade Mengenang Rendra 2009-2019, Rindu Rendra Megatruh, diputar 10 video terpilih lomba video baca puisi.

“Ternyata, dari 10 nominasi pemenang dan juara favorit dengan total 850 video yang dikirim peserta ke panitia sejak 5 September-20 Oktober 2019, nama Kalimantan Selatan khususnya Banjarbaru disebut sebagai barisan pemenang,” ucap Micky Hidayat.

Penyair yang sudah melanglang buana denga karya sastranya ini mengungkapkan 10 peserta lomba yang masuk nominasi, pemenang dan juara favoritas adalah jaura I, Lela Lailatul Inayah, disusul R Mono Wangsa dan Rifin Brandan di posisi kedua dan ketiga. Kemudian, ada I Wayan Sugiarta, Taswadi, Apito Lahire, Wanda Rahmadj Putra, Rudi Rendra, Karlina Supriadi dan N Rita.

BACA JUGA : Protes Pajak Pentas Seni, Pagi Ini, Mahasiswa Uniska Gelar Teatrikal di Gedung Dewan

“Untuk juara favorit direbut Irma Suryani asal Banjarbaru, karena dalam video yang diunggah di kanal berbagi video, Youtube Komunitas Burung Merak Rendra, sebanyak  2.200 orang menyukainya,” tutur Micky Hidayat.

Ia menjelaskan Irma Suryani merupakan salah satu u pembaca puisi perempuan terbaik Kalimantan Selatan berlatar belakng seorang guru di SMKN 1 Gambut, Kabupaten Banjar.(jejakrekam)

 

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.