Di Kalsel, Angka Stunting Kabupaten HSU dan Tanbu Berada di Posisi Teratas

DOSEN Kesehatan Lingkungan Poltekes Banjarmasin, Zulfikar Alis AS di sela kegiatan sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Hotel Rodhita Banjarbaru menyatakan, Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Tanah Bumbu berada diperingkat teratas angka stunting di Kalimantan Selatan.

“STUNTING itu bukan hanya karena persoalan kekurangan gizi, tetapi juga dampak lingkungan hidup yang tidak sehat. Akibatnya adalah pertumbuhan fisik dan otak menjadi tidak normal,” jelasnya.

Terkait dengan masih tingginya angka stunting di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Tanah Bumbu, tegas Zulfikar Ali, pihaknya segera mengumpulkan para kader STBM. Mereka akan bertugas mendampingi masyarakat untuk memperbaiki aspek sanitasinya.

BACA: BAB Sembarangan, Indonesia Berada Peringkat Kedua di Dunia Setelah India

“Dengan begitu diharapkan sanitasi dan kesehatan lingkungan masyarakat lebih baik, serta otomatis akan menurunkan angka stunting,” harapnya.

Zukfikar menyatakan, kader STBM akan pihaknya tempatkan di desa yang angka stuntingnya tinggi. “Di Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Tanah Bumbu masing- masing ada 5 desa yang angka stuntingnya tinggi. Kader STBM akan kita turunkan disana,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Fahriza