Berburu Pakaian Bekas di Akhir Pekan Pasar Harum Manis

PASAR loakan di Jalan Pasar Baru, Banjarmasin jadi alternatif warga untuk mencari barang berkualitas dengan harga miring. Pasar akhir pekan di kawasan Pasar Harum Manis Banjarmasin ini mendagangkan barang-barang bekas importir, terutama aneka pakaian.

BARANG kapal begitu warga Banjarmasin menyebutnya ini diserbu tiap Minggu pagi. Adapula menyebut dengan Pasar Tungging, meski pasar itu telah melekat dengan nama pasar malam di Jalan Belitung Darat.

“Adanya pasar barang kapal ini, tentu kami bisa mencari pakaian yang masih layak pakai dengan harga murah. Kalau beli yang baru tentu mahal,” ucap Saniah, warga Jalan Veteran Banjarmasin kepada jejakrekam.com, Minggu (12/5/2019).

Para pedagang yang sudah menggelar lapak dagangan sejak pukul 07.00 pagi dan berakhir pukul 13.00 siang. Menurut Saniah, jika sabar dan telaten berburu pakaian, bisa bertemu dengan yang berkualitas bahkan masih terlihat baru.

BACA : Jual Barang Bekas, Dua Pedagang di Pasar Lima Raup Jutaan Rupiah

“Ya, untung-untungan. Kalau dapat barang bagus, saya langsung beli. Sebelum dipakai, harus direndam dulu dengan air panas atau hangat. Sebab, semua barang yang dijual ini bekas, sehingga kita harus hati-hati jangan sampai langsung dipakai,” tuturnya.

Kehadiran pasar barang kapal  di areal parkir kendaraan bermotor di Pasar Harum Manis juga mendatangkan rezeki Mansyah. Ini karena para pengunjung jauh lebih banyak dibandingkan hari biasanya. Apalagi, bertepatan dengan hari libur. “Alhamdulilah, bisa mendatangkan rezeki,” ucapnya.

BACA JUGA : Perekonomian Belum Membaik, Jual Beli Motor Bekas Turun Drastis

Dengan barang yang dibandrol dari Rp 5 ribu hingga ratusan ribu, para pedagang pakaian bekas ini pun bisa mengais rezeki. Apalagi, jika barang yang dijual itu berkualitas. “Ya, harganya bisa ratusan ribu per potong, kalau itu bagus kualitasnya dan masih baru,” ucap seorang pedagang pasar barang kapal.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS