Terima Logistik Pemilu, KPU HST Rencanakan Pelipatan Surat Suara Kamis Lusa

0

USAI menunggu cukup lama, akhirnya KPU Hulu Sungai Tengah (HST) menerima kiriman logistik berupa surat suara untuk lima jenis pemilihan di Pemilu 2019. Surat suara yang dikirim dari Terminal Peti Kemas Pelabuhan Trisakti Banjarmasin hingga tiba di Gudang KPU HST di Barabai, Selasa (12/3/2019).

ADA satu truk kontainer memuat ribuan boks berisi ratusan ribu lembar surat suara langsung mendapat pengawal ketat dari aparat gabungan Polda Kalsel dan Polres HST, serta di bawah pengawasan Bawaslu dan komisioner dan sekretariat KPU HST.

Begitu tiba di Gudang KPU HST di Barabai, kontainer yang dioperasikan perusahaan ekspedisi mengangkut surat suara cetakan penyedia KSO PT Temprina Media Grafika (Jawa Pos Group) langsung dibongkar.

BACA : Selasa Lusa, Surat Suara HST Dikirim ke Barabai, Empat Kabupaten Menyusul

Berdasar manifest yang dikirim pihak percetakan dan ekspedisi, Ketua KPU HST Johransyah mengungkapkan semua surat suara yang dikirim ada lima jenis. Yakni, terdiri dari surat suara untuk pemilihan presiden-wakil presiden sebanyak 192 ribu, DPD RI ada 193.500 lembar, DPR RI untuk dapil Kalsel 1 sebanyak 193.500 eksemplar, dan DPRD Provinsi Kalsel dapil Kalsel 4 tercatat 193.500 lembar.

Khusus untuk surat suara pemilihan anggota DPRD HST terbagi dalam empat dapil. Yakni, dapil 1 ada 63.000 eksemplar, lalu dapil HST 2 sebanyak 37.500 lembar, kemudian dapil HST 3 terdata 47.000 lembar dan DPRD HST dapil 4 terkirim 45.000 lembar.

“Nantinya, semua surat suara ini disortir dan dihitung kembali, apakah sudah sesuai kebutuhan KPU HST. Nah, jika ada kekurangan atau kerusakan surat suara, kami akan segera bikin laporkan ke KPU RI untuk meminta tambahan atau percetakan ulang,” ucap Jojo, begitu komisioner ini dipanggil.

Menurut Jojo, butuh satu hari untuk pihaknya menghitung surat suara yang masih termasuk dalam kotak kiriman pihak percetakan untuk dihitung ulang.

BACA JUGA :  Tunggu Pengiriman, KPU HST Butuh 974.497 Surat Suara

Dia memastikan pada Kamis (14/3/2019) bisa dimulai proses pelipatan karena KPU HST sudah menjalin kerjasama dengan organisasi kemahasiswa seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang HST, serta siswa dari SMK Ganesha serta santri Ponpes Darul Inabah Barabai.

“Semua petugas yang akan melipat suara telah diseleksi, sehingga kami menjamin kerahasiaan surat suara ini hingga nanti digunakan para hari pemungutan suara Rabu 17 April nanti,” beber Jojo.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terkhusus pihak Polda Kalsel dan Polres HST yang telah mengawal pengiriman logistik vital itu dari Terminal Peti Kemas hingga ke Gudang KPU HST di Barabai. (jejakrekam)

 

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.