14 Februari, Sejuta Bakul untuk Kurangi Penggunaan Kantong Kresek

0

PEMKOT Banjarmasin menghelat aksi pengurangan kantong plastik dan menggantinya dengan bakul purun, yang disiapkan sebanyak satu juta buah, guna mewujudkan Banjarmasin Baiman (barasih wan nyaman).

WAKIL Walikota Hermansyah meminta kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya jajaran ASN dan honorer di Banjarmasin untuk berpartisipasi bersama-sama guna mendukung suksesnya sejuta bakul purun dalam mengurangi kantong plastik. “Ini bertepatan tiga tahun Ibnu-Herman,” katanya.

Hermansyah menyatakan, kegiatan ini akan digelar pada 14 Februari mendatang dengan memfokuskan kepada pasar tradisional dan apotek yang ada di Banjarmasin untuk dibagikan bakul purun.

Hal ini, lanjutnya, agar bisa mengubah pola pikir masyarakat yang sebelumnya selalu menggunakan kantong plastik ini bisa beralih ke bakul purun. “Ini salah satu keinginan kita. Jadi, setiap mau ke pasar, masyarakat nantinya selalu bawa bakul purun. Tanpa perlu memakai kantong plastik,” katanya.

Hermansyah mengatakan, untuk menyiapkan satu juta bakul ini. Ia meminta dari jajaran SKPD di Banjarmasin untuk menyumbangkan bakul purun minimal 200 buah.

BACA : Pelarangan Kantong Plastik di Pasar Tradisional Harus Berdasar Kajian

Ia mengakui, tentunya dalam membagikan bakul purun ini perlu dilakukan bertahap. Mengingat, tidak semuanya bakal habis dalam satu hari meski dibagikan ke beberapa pasar tradisional di Banjarmasin.

“Makanya kita bertahap dulu, meski serentak dibagikan pada pasar tradisional Banjarmasin yang dimotori oleh masing-masing camat ataupun lurah setempat,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disperindag, Ichrom Tezar menyatakan, kegiatan seremoninya akan dipusatkan di Pasar Teluk Dalam. Sedangkan peninjauannya oleh walikota dan wakilnya direncanakan di Pasar Telawang, Pasar Sederhana, termasuk Pasar Teluk Dalam.

“Jadi, pada 14 Februari, mereka akan didampingi oleh camatnya masing-masing,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.