Hampir Ambruk, Tiga Unsur Berkolaborasi Bantu Sarinah

KERELAWANAN  adalah solusi masalah kemanusiaan. Semangat itulah yang terlihat dari kolaborasi hebat antara Pemerintah Kota Banjarmasin, Aksi Cepat Tanggap (ACT Kalsel) dan Koramil Banjarmasin Timur. Bersama para tokoh masyarakat, ketiganya berupaya memecahkan persoalan yang dihadapi Sarinah,  janda 51 tahun yang rumahnya hampir ambruk akibat lapuk.

SENIN (21/1/2019), bertempat di Kantor Kelurahan Pekapuran Raya dilakukan koordinasi dan musyawarah tentang solusi terbaik bagi Sarinah. Musyawarah tersebut dilatarbelakangi masalah status lahan. Musyawarah dihadiri Dinsos Kota Banjarmasin Aep Ruhya, Sekretaris Camat Banjarmasin Timur Muhammad Noor, Lurah Pekapuran Raya Riza Firmani, ACT Kalsel Retno Sulisetiyani, Babinsa Koramil Banjarmasin Timur Eto, Tim TKSK, Ketua RT 34, perwakilan tokoh masyarakat, dan ahli waris tanah terkait.

BACA : Sarinah, Sebuah Potret Kemiskinan Kota Banjarmasin

“Pertemuan ini dilakukan untuk mencari solusi terbaik atas kondisi Bu Sarinah yang memprihatinkan. Secara aturan, Bu Sarinah termasuk dalam kategori sangat miskin. Tentu kita wajib membantunya,” ujar Aep Ruhya membuka musyawarah. Namun, menurut Aep status tanah yang bukan milik Sarinah menjadi kendala dalam penyaluran bantuan dari pemerintah.

Aep menyampaikan ucapan terima kasih kepada ACT Kalsel dan Koramil Banjarmasin Timur yang bersedia berkolaborasi untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan tersebut. Dalam pertemuan tersebut dihasilkan beberapa alternatif pemecahan masalah.

BACA JUGA : Heboh, Kisah Nenek Ijum Penjual Ketupat di Pasar Lama Direspon Walikota

“Pertama, kita akan melakukan pendekatan persuasif ke pihak keluarga besar pemilik lahan. Jika mendapat tanggapan positif, baru akan kita lanjutkan ke tahap selanjutnya. Jadi memang perlu waktu karena banyak pertimbangan demi kebaikan yang bersangkutan,” terang Aep.

Koramil Banjarmasin Timur sendiri sudah menyiapkan penampungan jika memang Sarinah perlu direlokasi sementara. “Kami siap menampung Ibu Sarinah sementara waktu jika memang diperlukan,” ujar Eto selaku Babinsa Koramil Banjarmasin Timur.

Kepala Cabang ACT Kalsel Arie Setiawan menyatakan siap berkolaborasi. “Alhamdulillah kemarin (20/1/2019) kami sudah menyampaikan bantuan dana untuk biaya hidup dan sembako. Bantuan selanjutnya sedang dalam proses pengajuan,” ucapnya.

“Masalah seberat apapun pasti akan ringan jika diselesaikan bersama-sama. Demikian juga masalah yang dihadapi Sarinah. Kami yakin kedermawanan masyarakat Kalsel masih sangat tinggi,” imbuh Arie.(jejakrekam)

Penulis Retno Sulisetyani
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s