Deteksi Barang Terlarang, Polda Kalsel Operasikan Alsus R6 Vicle Inspection System

POLDA Kalsel mengoperasikan mobil berfasilitas x-ray yang bisa mendeteksi bawaan seseorang seperti tas. Ditresnarkoba Polda Kalsel menggunakan Alat Khusus (Alsus) Polri, yakni kendaraan R6 Vicle Inspection System (VIS).

KABAG Bin Opsnal Ditresnarkoba Polda Kalsel AKBP Daryanto mengatakan, mobil itu sudah dioperasikan dalam razia penyalahgunaan narkoba di kawasan KM 18 Kecamatan Anjir Pasar, Barito Kuala (Batola). “Berkat alat ini, kami menemukan obat daftar G di dalam kardus dan tas pengemudi kendaraan,” ujarnya.

BACA : Razia 4 THM, Dites Urine, 6 Pengunjung Diduga Konsumsi Narkoba

Diungkapkannya, dalam operasi yang dipimpin langsung Dirresnarkoba Polda Kalsel Kombes Pol Wisnu Widarto itu, mobil ini bisa mendeteksi bawaan memcurigakan yang diangkut mobil dengan nopol DA 1451 CO dari arah Kalteng.

Petugas, lanjutnya, menggeledah mobil tersebut dan menemukan kardus yang ditutup rapat dengan lakban. Kardus tersebut berisi obat seledryl sebanyak 13 dus atau 13 ribu butir yang dibawa oleh AR (38 tahun).

“Jika dilihat secara awam, kardus-kardus itu biasa saja. Tapi setelah dilihat dengan menggunakan scanner x-ray, ternyata berisi seledryl yang termasuk obat daftar G,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s