Berbiaya Rp 550 Juta, Dipilih Tiga NaGa Favorit, Persahabatan dan Berbakat

0

MENYARING dan menyeleksi muda-mudi nan rupawan digelontorkan dana sedikitnya Rp 550 juta. Berasal dari APBD Banjarmasin 2018, dana ratusan juta ini untuk mencari 6 pasang Nanang Galuh (NaGa) yang menjadi duta pariwisata ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

SKEMA yang diterapkan Pemkot Banjarmasin, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tetap mengusung konsep seleksi finalis NaGa, pada tahun-tahun sebelumnya. Ada 12 pasang lelaki dan perempuan yang tampan dan jelita, diseleksi.

Mereka akan memperebutkan enam besar demi meraih titel juara. Namun, pada kenyataan, dari 12 pasang finalis NaGa diakui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhaq, terkadang ada aktivitas di luar.

“Biasanya, ada enam pasangan yang memiliki aktivitas lin. Misalkan, berhalangan dan terkadang ada permintaan dari pihak ketiga atau pemerintahan yang memerlukan lebih dari enam pasang,” ucap Ikhsan Alhaq kepada wartawan, saat memantau karatina di luar yang diikuti para finalis NaGa di RM Wasaka Nusantara, Jalan Jafri Zamzam, Sabtu (1/9/2018).

Untuk mengantisipasi itu, Ikhsan Alhaq mengatakan pihaknya mengambil sisa enam pasang NaGa, dari 12 pasang sebelumnya sebagai tenaga cadangan.

Sementara itu, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pemilihan NaGa Banjarmasin Andy Pahwanda mengaku masih mengusung konsep yang sama dengan tahun sebelumnya. Tetapi, menurut dia, dari segi pemenang mengalami penambahan dan tata panggung mengalami perbedaan.

“Tahun ini mengalami penambahan tiga pemenang. Ada Nanang Galuh Favorit, Nanang Galuh Persahabatan dan Nanang Galuh Berbakat,” ucapnya.

Untuk karantina luar dari 27 Agustus hingga 8 September 2018. Tujuannya, supaya para finalis mengenal kebudayaan dan kepariwisataan agar semakin mempererat. Meski bukan pemenang, mereka tetap menjadi tim yang solid untuk ke depan.

Sekadar diketahui, seleksi NaGa Banjarmasin ini dialokasikan dana segede Rp 550 juta. Untuk puncak grand final pemilihan NaGa Banjarmasin dihelat pada 15 September 2018 di Hotel Rattan Inn, dimulai pukul 20.00 Wita.(jejakrekam)

 

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.