FKUB dan Dewan Pers Minta Masyarakat dan Wartawan Jaga Kerukunan

FORUM Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalsel dan Dewan Pers menggelar Media Gathering bertema ‘Setetes Tinta Emas Insan Pers Buat Banuaku Rukun’ di G’Sign Hotel, Selasa (21/8/2018).

KETUA FKUB Kalsel Mirhan AM mengingatkan pentingnya jajaran jurnalis untuk menjaga kerukunan berbangsa dan beragama di Kalimantan Selatan. “Apalagi menghadapi tahun politik. Kita ada pesta demokrasi lima tahunan. Kami berharap kalangan jurnalis untuk menyuarakan kerukunan antar umat beragama di Banua,” kata Mirhan.

Saat ini, bebernya, tingginya intensitas politik sudah sangat terasa, dibuktikan dengan munculnya pendukung antar kandidat yang mulai unjuk gigi.

“Semoga saja tidak ada politisasi agama yang dimanfaatkan kandidat, dan hendaknya kita selalu menjaga kerukunan antar umat beragama” ucapnya.

Anggota Pokja Bidang Antar Lembaga Dewan Pers Christiana Chelsia Chan mengatakan, amanah UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers meminta pers di Indonesia untuk menjaga Bhineka Tunggal Ika.

“Awak Pers tidak boleh sembarangan melakukan liputan, khususnya yang melanggar kode etik jurnalistik. Akurasi dan keberimbangan diperlukan,” katanya.

Ia mengingatkan media agar bekerja mengatasnamakan kepentingan publik bukan atas nama Individu dan golongan tertentu. “Seluruh informasi yang beredar di masyarakat dan yang membawa manfaat kepada masyarakat itu yang harus diutamakan. Awak media jangan sampai menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Husaini
Editor Andi Oktaviani