Harga Naik, Satgas Pangan Kalteng Cek ke Banjarmasin

0

JELANG perayaan Natal dan pergantian tahun 2017 ke 2018, Tim Satgas Pangan Kalteng yang dipimpin Kapolda Kalteng, Brigjen Pol Anang Revandoko langsung memimpin jajarannya memantau pasokan dan harga barang yang dibutuhkan warga di sejumlah pasar di Kota Palangkaraya, Jumat (15/12/2017).

DENGAN mengayuh sepeda, jenderal bintang satu bersama instansi terkait menyasar Pasar Kahayan dan Gudang Beras Bulog Kalteng di Bukit Tunggal, Jalan Tjilik Riwut Km 7 Palangka Raya, Jumat (15/12/2017).

Menurut Kapolda Kalteng, dengan turun langsung ke lapangan, bisa menyaksikan secara langsung pasokan dan harga bahan pokok jelang Natal dan tahun baru, agar tak terjadi kenaikan yang memberatkan masyarakat. “Ini berdasar perintah Kapolri agar mengecek penyebab terjadinya kenaikan harga,” ucap jenderal bintang satu ini.

Dari hasil pantauan di lapangan, Kapolda Kalteng mengatakan untuk harga beras dan gula harga masih stabil. Sedangkan bawang merah ada kenaikan sebesar Rp 2 ribu per kilogram, bawang putih naik Rp 1 500 per kilogram. Begitu juga sayur mayur terjadi kenaikan, tetapi hal ini disebabkan karena banjir.

Salah satu langkah yang diambil untuk mengecek kenaikan harga tersebut, Tim Satgas Pangan Polda Kalteng, akan langsung menelusuri ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sehingga tahu pasti penyebab kenaikan dan mengawal barang yang disuplai ke Kalteng. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya adanya spekulan. Pos Terpadu Satgas Pangan juga dibentuk untuk menerima laporan masyarakat, jika ada kenaikan harga pangan yang dinilai tidak wajar, sehingga segera dapat ditindaklanjuti.

“Jadi langkah pertama kita akan ke Banjarmasin, untuk mengecek penyebabnya. Apakah barang dari Jakarta atau Brebes. Kalau dari Jakarta atau Brebes, kita ke sana sekalian. Tim kita akan dibagi untuk mencari kendalanya di mana. Kenaikan harga saat ini memang masih normal, tapi tetap kita cari penyebabnya dari sampai hilir,” Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko, menegaskan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya Aratuni D Djaban, mengatakan, untuk bawang merah sudah ada kenaikan sejak tiga hari lalu. Begitu juga daging ayam ras naik sebesar Rp 3 ribu per kilogram. Selain kenaikan di dua komoditas tersebut, biasanya kenaikan juga terjadi pada gula, telur, beras dan minyak goreng.(jejakrekam)

Penulis :  Tiva
Editor   :  Fahriza
Foto      : Tiva

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.