Kini, Daftar JKN-KIS Sudah Bisa Lewat Telepon

0

TAHUN 2017, Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kini memperluas kanal pendaftaran serta kanal pemberian informasi dan penanganan pengaduan. Hal ini demi mempermudah akses pelayanan khususnya kepada nasabah badan khusus yang mengelola program jaminan sosial dan kesehatan yang ditunjuk pemerintah ini.

KEPALA Cabang BPJS Kesehatan Banjarmasin Nyoman Wiwiek Yuliadewi menyebutkan perluasan kanal pendaftaran dulu melalui kantor cabang bank yang bekerjasama dan website BPJS Kesehatan, namun kini ditambah BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, sistem dropbox di kantor cabang, pendaftaran melalui kecamatan, pendaftaran melalui PPOB/Mitra.

Kemudian, menurut dia, perluasan kanal pemberian informasi dan penanganan pengaduan dulu melalui unit penanganan pengaduan, peserta di kantor cabang, BPJS Kesehatan mobile, BPJS Kesehatan center.

“Kini ditambah melalui website BPJS Kesehatan pada menu SIPP (saluran informasi dan penanganan pengaduan), dan integrasi hotline service dengan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” kata Wiwiek dalam jumpa pers, di Banjarmasin, Senin (15/5/2017).

Ia mengungkapkan khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori pekerja bukan penerima upah (PBPU)/ peserta mandiri dan peserta kategori bukan pekerja (BP), maka BPJS Kesehatan telah memperluas kanal pendaftaran. “Kini calon peserta tidak perlu mengantri panjang di kantor BPJS Kesehatan, cukup dengan menghubungi 1500-400, calon peserta kategori PBPU atau peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan Care Center atau Virtual Service,” bebernya.

Wiwiek menambahkan peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat, fasilitas kesehatan tingkat pertama. Namun masih untuk peserta PBPU atau peserta mandiri.

“Upaya ini dilakukan dalam meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan 2017. BPJS Kesehatan mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan mempercepat cakupan kepesertaan,” ucap Wiwiek Yuliadewi.

Hal yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon Care Center 1500-400 antara lain beberapa informasi yang akan ditanyakan oleh petugas Care Center seperti Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Rekening Tabungan (BRI/BNI/Mandiri), nomor HP, alamat domisili, tempat tinggal (untuk mengirim kartu), dan alamat email. “Setelah syarat siap, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500-400. Calon peserta akan dilayani oleh agent Care Center, rekaman pembicaraan anatara calon peserta dengan agent akan menjadi bukti pendaftaran,” kata Wiwiek yang memastikan 1 Maret 2017 sudah berlaku di Cabang Banjarmasin.

BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin memiliki 1,27 juta peserta hingga April 2017, atau 46,5 persen dari jumlah penduduk kabupaten/kota mencakup  Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Batola.(jejakrekam)

Penulis   : Afdi NR

Editor     : Afdi NR

Foto       :  Afdi NR

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.