Didukung 18 Pengprov Cabor, Tiba-Tiba Paman Birin Pilih Mundur

0

SEHARI sebelum masa penutupan pendaftaran bakal calon ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Selatan, 18 pengurus provinsi (pengprov) cabang olahraga memilih agar Gubernur H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin itu maju berlaga dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Kalsel pada April 2017 nanti.

DUKUNGAN 18 pengprov cabor ini diwujudkan dalam surat dukungan yang diserahkan ke Tim Penyaringan dan Penjaringan Calon Ketua KONI Kalsel di Gelanggang Olahraga (GOR) Hasanuddin HM di Jalan Pangeran Antasari, Banjarmasin pada Selasa (14/3/2017). Penyerahan dukungan 18 pengprov cabor ini dilakukan sebelum masa pendaftaran yang ditutup pada Rabu (15/3/2017) hingga pukul 17.00 Wita.

“Ya, kami sudah bersepakat untuk mendukung Gubernur H Sahbirin Noor maju sebagai calon ketua KONI Kalsel. Namun, di detik-detik masa penutupan, ternyata Paman Birin malah mengatakan tak jadi maju di Musorprov Kalsel pada April 2017 nanti,” ujar Ketua KONI Kota Banjarmasin, Djumadri Masrun kepada jejakrekam.com, Kamis (16/3/2017).

Ia mengakui 18 cabor itu sudah bersepakat untuk mengusung Paman Birin sebagai calon ketua dikarenakan lebih bisa mengkoordinir dan mengkomando kemajuan olahraga prestasi dan lainnya, terkhusus dari dana pembinaan bersumber APBD Provinsi Kalsel. “Sebelumnya, Paman Birin mau maju di Musorprov KONI Kalsel asalkan terpilih secara aklamasi. Tapi, begitu mendengar adanya larangan bagi pejabat publik, Paman Birin langsung memilih mundur,” tutur Djumadri. Keengganan Gubernur Kalsel itu terbentur dengan aturan yang tercantum dalam UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional yang melarang pejabat publik menjadi ketua organisasi keolahragaan seperti KONI.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini mengungkapkan 18 pengprov cabor yang menyokong Paman Birin antara lain dari Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI), Siwo PWI Kalsel, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi), Persatuan Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI), Persatuan Taekwondo Indonesia (PTI), Persatuan Berburu dan Menembak Indonesia (Perbakin), Persatuan Olahraga Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI), Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (Porwosi) dan lainnya.

“Sebetulnya, kami berharap agar Paman Birin mau, ternyata batal. Ya, karena dukungan yang ada tak boleh ditarik lagi, terpaksa kami tak mendukung siapa-siapa lagi,” ucap Djumadri. Dengan ditutupnya masa pendaftaran calon ketua KONI Kalsel, Djumadri mengakui yang tersisa kini hanya calon tunggal yakni anggota DPR RI asal Partai Golkar, Bambang Heri Purnama terlebih lagi telah disokong 11 KONI di Kalimantan Selatan.

Menurutnya, hanya ada KONI yang tidak berada dalam barisan pendukung Bambang Heri Purnama yakni KONI Banjarmasin dan Banjar. Mengapa KONI Banjarmasin tak mendukung Bambang Heri Purnama yang merupakan calon incumbent? “Ya, selama ini kami tak pernah dihubungi. Jadi, kami diam saja, terlebih lagi ada dorongan agar Paman Birin maju dalam Musorprov Kalsel, ya tentu kami mendukung beliau,” kata Djumadri.(jejakrekam)

Penulis   : Didi GS

Foto       : KONI Banjarmasin

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.