Keempat Kalinya Kabupaten Banjar Raih Penghargaan SAKIP

0

KABUPATEN Banjar kembali meraih penghargaan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

PENGHARGAAN SAKIP ini merupakan yang keempat diterima Pemkab Banjar secara berturut-turut di masa kepemimpinan Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Inaya Putri, Bali, dan diserahkan oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RBKUNWAS) Kemenpan RB Muhammad Yusuf Ateh.

Penghargaan ini diterima Sekdakab Banjar Mokhamad Hilman yang mewakili Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Muhammad Yusuf Ateh mengatakan, setiap tahun Kementerian PAN- RB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Hal ini jelasnya untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP, dan melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah. 

Menurutnya, evaluasi tersebut telah dapat memetakan instansi pemerintah dalam beberapa kategori. 

“Rapor SAKIP bukan hanya menitikberatkan pada nilai yang diberikan, namun juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran. Sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat,” jelasnya, Senin (27/1/2020).

Ia menyatakan, hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah di tengah keterbatasan anggaran sehingga penting sekali menggunakan anggaran dengan efektif dan juga efisien.

“Presiden RI Joko Widodo menekankan, penggunaan harus berorientasi hasil yang bisa mensejahterakan rakyat, salah satunya adalah perbaikan perencanaan anggaran hingga pelaksanaannya,” ujarnya.

Sekdakab Banjar Mokhamad Hilman mengungkapkan, pihaknya bersyukur atas penghargaan SAKIP yang keempat kalinya diterima Kabupaten Banjar. “Hal ini tidak terlepas dari arahan Bupati Banjar dan kerjasama dengan SKPD lainnya.

“Alhamdulillah Kabupaten Banjar bisa kembali meraih penghargaan ini. Semua ini berkat upaya Bupati Banjar beserta seluruh jajaran yang terus meningkatkan pelayanan dan kesejahterakan masyarakat melalui penggunaan anggaran yang afektif dan efesien,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.