Pangdam VI/Mulawarman Tutup TMMD Ke-115 di Tabalong, Bupati : Hasilnya Sangat Dirasakan Masyarakat

0

PANGDAM VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 yang dilaksanakan oleh Kodim 1008/Tabalong terpusat di lapangan sepakbola Desa Tanta, Kecamatan Tanta, Rabu (9/11/2022).

UPACARA penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-115 TA 2022 yang mengambil tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” yang dilaksanakan dibeberapa daerah di Kalimantan meliputi Kodim 0901/Samarinda, Kodim 0910/Malinau, Kodim 1001/Hulu Sungai Utara dan Kodim 1008/Tabalong.

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan TMMD ini merupakan wujud pengabdian TNI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat yang dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat.

“Tujuannya untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan didaerah dalam membangun insfrastruktur serta membuka daerah yang terisolir,” ujarnya usai menutup secara resmi Tmmd ke – 115 Kodim 1008/Tabalong yang berlangsung di Desa Pamarangan Kanan dan Desa Murung Baru Kecamatan Tanta Tabalong, Rabu (9/11).

Untuk TMMD ke – 115, termasuk di Kabupaten Tabalong pencapaian sasaran pembangunan fisik lanjutnya telah mencapai 100 persen, pembukaan badan jalan, berupa pengerasan jalan, penimbunan sirtu dan semenisasi jalan.

Kemudian, pembuatan jembatan, pembuatan gorong-gorong, rehab mushola, rehab rumah tidak layak huni, pembuatan dan rehab pos kamling juga telah selesai.

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Satgas TMMD di jajaran Kodam VI/Mulawarman yang telah dapat mewujudkan pencapaian sasaran sesuai dengan rencana dan waktu yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Semangat kebersamaan seperti inilah ungkapnya yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus dibangun serta pelihara.

“Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh,” ujarnya.

Sedangkan kegiatan non fisik yang dilakukan meliputi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, hukum, keagamaan, bahaya terorisme dan radikalisme, tertib lalu lintas, rekrutmen anggota TNI, Kamtibmas dan narkoba.

Selanjutnya, penyuluhan KB/kesehatan, Stunting Balita, Posyandu, Pos Bindu PTM, penyuluhan pertanian, perkebunan, perikanan, kehutanan dan peternakan, penyuluhan pencegahan Karhutla, penanggulangan bencana alam serta ceramah agama Islam.

Kegiatan non fisik ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Mayjen TNI Tri juga memberikan penghargaan  yang setinggi-tingginya kepada para bupati dan walikota beserta jajarannya, Kapolres, Instansi terkait, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, media massa baik lokal maupun nasional serta semua pihak yang telah bekerja sama dan membantu pelaksanaan TMMD ke-115 tahun 2022.

Sementara, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pangdam VI/Mlw yang telah bersedia datang ke Bumi Sarabakawa dan menutup secara resmi TMMD ke-115 yang dilaksanakan Kodim 1008/Tabalong di Desa Pamarangan Kanan dan Murung Baru.

“Hasil TMMD ini sangat dirasakan oleh masyarakat Tabalong, terutama masyarakat Desa Pamarangan Kanan dan Desa Murung Baru,” ujarnya.

Karena, khususnya pembuatan jalan baru sepanjang 1020 meter dengan 6 meter ini sangat membantu masyarakat desa dalam membawa hasil pertanian dan perkebunan mereka.

Diketahui sebelumnya, masyarakat harus menempuh jarak yang lumayan jauh dan harus melewati jalan perusahaan (hauling) untuk dapat ke ibukota Kecamatan.

Dengan adanya jalan baru TMMD ini, masyarakat dapat memangkas jarak tempuh dan juga lebih aman.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza`

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.