Kadinsos Tanbu Lepas 16 Peserta Pelatihan di Banjarbaru

0

DINAS Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Bumbu berangkatkan 16 orang untuk mengikuti pelatihan keterampilan pada Panti Bina Sosial Wanita (PSBW) dan Panti Bina Sosial Remaja (PSBR) tahun 2022 di Banjarbaru.

MEREKA dilepas langsung Kepala Dinsos Basuni disaksikan jajarannya serta beberapa orang tua peserta, di halaman kantornya, Selasa (4/1/2022).

Menurut Basuni kepada peserta pelatihan untuk terus menjaga kesehatan selama mengikuti kegiatan. “Jaga kesehatan selama ikut pelatihan disana. Kelakuan juga dijaga, karena tidak hanya mewakili atas nama pribadi, namun juga keluarga dan nama baik pemerintah daerah,” ujar Basuni.

Basuni juga meminta agar peserta memperhatikan materi dari para narasumber dengan baik dan seksama, serta beberapa alumni yang telah mengikuti kegiatan serupa mampu menjadi yang terbaik dalam pelatihan itu. “Semoga ilmu yang diperoleh disana dapat memberi manfaat dan membawa dampak positif bagi perekonomian keluarga yang lebih baik,” katanya. 

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Dedi Bodin menjelaskan, pelatihan keterampilan itu diselenggarakan oleh PSBW Melati dan PSBR Budi Satria. Setiap tahun keduanya mengadakan pelatihan yang pesertanya berasal dari semua Kabupaten/ Kota yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pelatihan dilaksanakan selama enam bulan, dan dilaksanakan dua kali dalam satu tahunnya. Periode pertama dari bulan Januari s/d Juni dan periode kedua dari bulan Juli s/d Desember 2022. Peserta pelatihan berasal dari keluarga yang kurang mampu, putus sekolah atau tidak melanjutkan sekolah yang telah melalui proses seleksi,” ujar Dedi Bodin.

BACA: Zairullah Gelar Silaturahmi Bersama Anak Yatim, Doakan Bangun Tanbu Lebih Baik

Adapun 16 orang peserta pelatihan yang diberangkatkan, akan mengikuti pelatihan keterampilan PSBW Angkatan 27 Tahun 2022 sebanyak 8 orang dan pelatihan keterampilan PSBR Angkatan 82 Tahun 2022 juga sebanyak 8 orang.

Dengan perincian, pelatihan keterampilan di PSBW Melati yang akan diikuti adalah Pelatihan Tata Busana sebanyak 6 orang dan Tata Rias sebanyak 2 orang. Sedangkan pelatihan keterampilan di PSBR Budi Satria yang diikuti adalah Menjahit 1 orang, Tata Rias 1 orang, Meubeler Aluminium 1 orang, Barbershop 1 orang, Komputer 1 orang, Service HP 1 orang dan Otomotif 2 orang.

Perlu diketahui pada Juli 2021, Dinsos juga mengirimkan peserta pelatihan ke PSBW dan PSBR, yang mana pelatihan tersebut di tutup di akhir bulan Desember 2021. Dinsos mengirimkan sebanyak 5 orang untuk pelatihan keterampilan di PSBW Angkatan 26 dan 4 orang untuk pelatihan keterampilan di PSBR Angkatan 81.

Pada pelatihan keterampilan di PSBW Angkatan 26, peserta mampu menorehkan prestasi yaitu Terbaik 1 dan 2 untuk pelatihan Tata Busana dan Terbaik 2 untuk Tata Rias. Sedangkan untuk pelatihan keterampilan di PSBR Angkatan 81, peserta pelatihan Bengkel Sepeda Motor menjadi Terbaik 2, dan Terbaik 3 untuk masing- masing pelatihan Service HP dan Meubeler Alumunium. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.