Pemkab Tanbu Targetkan Ratusan Ribu Pengunjung Hadiri Mappanre Ri Tasie

0

PEMKAB Tanbu menargetkan pesta laut (Mappanre Ri Tasie) tahun 2024 ini dikunjungi ratusan ribu orang. Untuk mewujudkannya, panitia meramaikannya dengan menghadirkan artis-artis ibukota yang populer.

ARTIS ibukota akan menghibur pengunjung pesta laut di panggung Mappanre Ri Tasie Pagatan Kusan Hilir, seperti Armada Band, Ridho Rhoma bersama sonet 2 bandnya.

Kemudian ada juga penyanyi Ike Nurjanah, Salma Salsabila, Jihan Audy serta musisi dan band musik beken lainnya.

BACA JUGA: Dishub Tanbu Siapkan Pengamanan Khusus di Pesta Mappanre Ri Tasie

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata, (Disbudparpora) Tanbu Syamsuddin, menyebutkan, opening ceremony dilaksanakan Sabtu 20 April 2024.

Agenda dimulai pembukaan pameran EXPO dan UMKM. Sejak itu seluruh rangkaian Mappanre Ri Tasie disemarakkan dengan beragam event.

Dari panggung hiburan, pesta kuliner dan parade budaya, festival band banua, arak-arakan kapal, lomba olahraga tradisional hingga tausiah akbar dan pengajian.

BACA JUGA: Wabup Tanbu Silaturahmi Bangun Kebersamaan di Desa Pandan Sari

“Selama rangkaian berlangsung hingga acara puncak 28 April 2024, Mappanre Ri Tasie 2024 menjadi pusat kunjungan wisatawan. Kapasitas lokasi kegiatan akan dihadiri dan disaksikan ratusan ribu orang dari berbagai daerah,’ ujarnya

Ia memastikan, masyarakat turut berpartisipasi dalam mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan even tahunan ini

Mappanre Ri Tasie merupakan tradisi turun temurun warga nelayan pesisir Pagatan Kusan Hilir. Tradisi ini sebagai wujud syukur mereka kepada sang pencipta atas limpahan sumber daya laut.

BACA JUGA: Wabup Tanbu Gelar Open House Idul Fitri 2024

Dulu namanya Mappanritasi sebelum berubah menjadi Mappanre Ri Tasi-e dengan menghilangkan ritual sakral melarung sesajen ke tengah laut oleh kepala adat atau sandro. kini ritualnya hanya makan-makan di laut diatas kapal nelayan. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.