Dievaluasi BKSDA Kalsel, KBM Jahri Saleh Diwacanakan Pindah

0

KEBUN Binatang Mini (KBM) Jahri Saleh, yang berada di Kelurahan Sungai Jingah, direncanakan akan pindah dalam waktu dekat ini.

HAL itu disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, Yuliansyah Efendi saat ditanyakan bagaimana perkembangan KBM kedepannya.

Wacana pemindahan muncul setelah Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel, melakukan evaluasi. Disebutkan, yakni KBM Jahri Saleh berada di tengah permukiman warga, kurang representatif, dan menghasilkan suara ataupun limbah.

BACA: Kurungan Tak Terawat, Pembenahan Kebun Binatang Mini Jahri Saleh Terhalang Dana

“Sedangkan luasannya pun (KBM) tidak mencukupi secara teknis sebagai lembaga konservasi,” sebut Yuliansyah Efendi, Rabu (17/5/2024).

Hasil evaluasi dari BKSDA ini pun, telah disampaikan Yuliansyah kepada pimpinan. “Makanya kita juga sudah konsultasi dengan pimpinan, bahwa kemungkinan ada revitalisasi ke tempat lain,” ucapnya.

Diterangkannya, kondisi inilah yang juga menjadi pertimbangan pihaknya selama ini, kenapa sampai sekarang belum bisa secara maksimal melakukan pengadaan satwa baru. “Tapi kita untuk sementara waktu selalu berusaha dengan kondisi yang ada. Akan kita tambah secara berkala,” terangnya.

Soal dimana, kapan dan bagaimana rencananya revitalisasi ini akan dilakukan, ia belum bisa memastikan hal tersebut.

BACA JUGA: Menengok Kondisi Taman Satwa Banjarmasin di Tengah Pandemi Covid-19

Yang pasti saat ini pihak akan terus melakukan kordinasi dan konsultasi dengan pimpinan, serta pihak terkait lainnya untuk ini.

“Apakah itu akan dialokasikan di tempat yang baru atau bagaimana. Ataupun juga bisa dilengkapi sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh BKSDA,” jelasnya.

Yuliansyah menegaskan bahwa pihaknya akan bertindak secepatnya. “Karena semisal pemindahan dilakukan, kita sudah ada opsi tempat. Lokasinya juga memenuhi syarat. Nantilah lihat kedepannya,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.