Rakornas OIKN, Pj Bupati Mujiyat: Batola Turut Menuju Indonesia Emas

0

PENJABAT Bupati Barito Kuala (Batola), Mujiyat menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

RAKORNAS yang diikuti oleh 514 bupati/walikota, serta 38 gubernur se-Indonesia, dalam rangka mewujudkan visi IKN sebagai kota dunia, sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara.

Dalam kegiatan tersebut, IKN dikenalkan sebagai ‘Loncatan Peradaban Indonesia’, dan potensi kerjasama OIKN, dengan pemerintah daerah, terutama yang berada di9 sekitar IKN itu sendiri.

BACA: Mujiyat Berharap Bimtek RPJPD Dukung Indonesia Emas 2045

Kepala OIKN, Bambang Susantono mengatakan, bahwa pertemuan antara pemerintah daerah dan kementerian/lembaga dalam rakornas ini dapat membangkitkan gairah OIKN, dalam mewujudkan nusantara sebagai salah satu tonggak Indonesia Emas.

Kolaborasi dan sinergi antar lembaga merupakan kunci keberhasilan untuk mewujudkan peradaban baru yang berdampak positif bagi kemajuan tanah air, menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Senada dengan hal tersebut, Pj Bupati Batola Mujiyat, dalam keterangan tertulisnya pada Oktober 2023 yang lalu, juga mengungkapkan agar penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 mampu memberikan substansi dan pembelajaran, untuk mendukung Indonesia Emas 2045.

Selain sebagai penyokong lumbung pangan IKN, dorongan tersebut agar Barito Kuala turut menuju Indonesia Emas, dan Marabahan jadi kota yang nyaman dan dapat jadi tempat singgah menuju IKN.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.