Pemkab Tabalong Gelar Lomba Talintingan Ramadhan 1445 Hijriyah

0

BAGARAKAN Sahur adalah kearifan lokal yang sudah jadi tradisi masyarakat Banua, hanya dapat ditemui saat bulan Ramadhan.

MELESTARIKAN kearifan lokal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tabalong pun menggelar lomba Talintingan Bagarakan Sahur Ramadhan 1445 Hijriyah, di halaman Gedung Saraba Kawa, Selasa (19/3/2024) malam.

Kegiatan Talintingan ini secara langsung dibuka sekaligus dilepas oleh pelaksana harian (Plh) Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah.

Hj Hamida Munawarah menjelaskan, ini sebagai upaya menjaga khasanah budaya yang menjadi kearifan lokal, dan pada masa lalu pernah menjadi kebanggaan masyarakat.
“Ini supaya tidak punah begitu saja, karena tergeser oleh tradisi lain dan kesenian modern,” jelasnya.

BACA: Pemkab Tabalong Serahkan Insentif Triwulan I 2024 Kepada 280 Petugas Rumah Ibadah

Diharapkannya, kegiatan Talintingan ini dapat diperkenalkan kepada generasi penerus, sehingga kearifan lokal ini dapat dilestarikan.

“Kegiatan seperti ini kita dapat menghadirkan keceriaan dan juga memupuk semangat dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tabalong mengatakan, setidaknya ada puluhan grup yang mengikuti kegiatan ini.

“Peserta terdiri dari 25 grup, yang masing-masing adalah perwakilan remaja masjid se-Tabalong, sanggar seni, komunitas seni budaya, pelajar hingga masyarakat umum,” katanya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.