Meski Banyak Kendala, Dirops PAM Bandarmasih Yakin Perbaikan Kebocoran di Km 2,5 Selesai Sebelum Waktu Sahur

0

PAM Bandarmasih sigap tindak lanjuti kebocoran Pipa PVC Diameter 630 mm, di Jalan A Yani Km 2,5, tepatnya di depan Bintang Variasi, Senin (18/3/2024).

KEBOCORAN tersebut mengakibatkan seluruh wilayah Banjarmasin Barat, dan sebagian wilayah Banjarmasin Tengah akan mengalami penurunan tekanan hingga mati total.

Direktur Operasional (Dirops) PAM Bandarmasih, Edwarsyah mengatakan, untuk saat ini tim sudah di lapangan untuk menindak lanjuti kebocoran tersebut. “Jadi saat ini sudah mulai kita lakukan penggalian secara manual, untuk melakukan pencarian titik kebocorannya,” ujarnya.

BACA: Terlalu Sering Bocor, PAM Bandarmasih Ganti Pipa Di Jalan Pramuka

Lebih lanjut Edwarsyah menjelaskan, kebocoran ini cukup menimbulkan dampak yang luar biasa, karena di titik lokasi yang bocor, airnya sampai meluber ke permukaan jalan.

“Sehingga dengan terpaksa untuk saat ini pompa kita matikan terlebih dahulu, karena keadaan tersebut berpotensi mengakibatkan insiden bagi pengendara yang melintas,” jelasnya.

“Selain itu juga, untuk menghindari kehilangan air dan juga kehilangan tekanan,” lanjutnya.

Edwarsyah menuturkan, mengingat saat ini sedang dalam bulan puasa, maka secara otomatis untuk penggunaan debit air bersih akan lebih tinggi.

Oleh sebab itu, pihaknya pun melakukan peningkatan tekanan distribusi air bersih, demi mencukupi kebutuhan air bersih para pelanggan.

“Namun peningkatan tekanan tersebut berdampak kepada pipa yang ada ini menjadi bocor. Karena pipa yang ada ini usianya sudah cukup tua, sehingga rentan terjadinya kebocoran,” tutur Edwarsyah.

“Di sisi lain kondisi tanah yang labil, dan juga tekanan dari kendaraan berat yang melintas juga mempengaruhi atau berkontribusi memberikan tekanan hingga menyebabkan kebocoran saat ini,” sambungnya.

BACA JUGA: Pipa Bocor, PAM Bandarmasih Hentikan Sementara Distribusi Air Selama 20 Jam

Proses perbaikan saat ini, tim terkendala dengan kondisi permukaan jalan yang terbuat dari cor benton, air pasang, dan juga pohon yang tepat berada di dekat lokasi kebocoran.

“Oleh sebab itu, tentunya ini akan memerlukan waktu untuk melakukan penggalian dan pencarian titik pipa yang bocor,” ungkap Edwarsyah.

“Kita berupaya dan menargetkan sebelum jam puncak pada sahur nanti, pengerjaan bisa selesai. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan halangan selama proses perbaikan nantinya,” katanya.

Edwarsyah memohon maaf atas ketidaknyamanan ini, dan kiraya pelanggan bisa memakluminya. “Semoga pekerjaan bisa selesai sesuai dengan yang direncanakan, tanpa ada kendala berarti,” ucapnya.

“Apabila ada pelanggan yang memerlukan air bersih, dapat menghubungi call center PAM Bandarmasih, agar bisa didistribusikan dengan mobil tangki,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.