Paman Birin Semangati Peternak Budidaya Ikan Tawar Bioflok Di Kabupaten Banjar

0

PETERNAK ikan air tawar bioflok yang beralamatkan di Kampung Keramat Jalan Kertak Baru, Martapura Timur, Madkhazin (44 tahun) tak menyangka didatangi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

GUBERNUR dua periode, yang sering disapa dengan panggilan Paman Birin ini, secara khusus datang ke tempat usaha Madkhazin, pada Kamis (14/3/2024).

Seraya sambil memberi makan ikan lele dan gurami, di hadapan Paman Birin, Madkhazin menceritakan usaha budidaya ikan air tawar bioflok, yang telah digelutinya sejak 6 bulan yang lalu, dan memiliki 5 kolam bioflok.

BACA: Panen Ikan Nila Hasil Uji Coba Teknologi Bioflok

“Alhamdulilah Paman Birin, sudah sempat panen sekali. Sekarang persiapan panen kedua,” kata Madkhazin yang mengaku memulai usaha ini karena melihat langsung usaha kawannya.

Paman Birin yang mendapatkan penjelasan Madkhazin mengaku senang atas semangat usaha budidaya ikan air tawarnya.

Selain untuk meningkatkan ketahanan pangan, khususnya ikan, juga untuk meningkatkan perekomian keluarga. “Usaha budidaya seperti ini patut dicontoh masyarakat lainnya, dan dijadikan ladang pendapatan. Kuncinya ada semangat dan usaha, In syaa Allah akan menghasilkan,” kata Paman Birin.

Paman Birin pun menitip pesan, agar dalam usaha budidaya ikan tawar ini terus memperhatikan aturan dan tatacara yang benar agar tak mengalami kerugian.

Selain Paman Birin, beberapa waktu lalu kepedulian terhadap usaha budidaya ikan air tawar juga ditunjukan oleh Ketua TP PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah.

BACA JUGA: Warga Dan Anggota Pramuka Kalsel Ikuti Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Alternatif

Tahun lalu, TP PKK Kalsel pun menggagas pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Alternatif dengan Probiotik kepada masyarakat, di halaman kediaman pribadi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Kampung Keramat, Martapura, Kabupaten Banjar.

Probiotik sendiri menurut Tim Penyuluh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel yaitu makanan tambahan (suplemen) berupa sel-sel mikroba hidup, yang memiliki pengaruh menguntungkan bagi hewan inang yang mengkonsumsinya melalui penyeimbangan flora mikroba intestinalnya.

Probiotik juga merupakan salah satu alternatif untuk penambahan (suplemen) ke dalam pakan ikan budidaya. Selain itu, probiotik adalah mikroba yang menguntungkan bagi ikan. Mikroba itu antara lain bakteri asam laktat seperti lactobacillus carnobacterium.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.