Hadiri Pengarakan Ogoh-Ogoh Jelang Hari Nyepi, Mujiyat Pesan Jaga Persatuan

0

SEHARI menjelang Hari Raya Nyepi, berlangsung pengarakan Ogoh-ogoh di Balai Adat Desa Dwipasari, Kecamatan Wanaraya, Kabupaten Barito Kuala.

OGOH-OGOH adalah sebuah karya seni patung, yang menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi menyambut Hari Raya Nyepi.

Penjabat Bupati Barito Kuala, Mujiyat berkesempatan untuk hadir di tengah perayaan, serta memberi pesan kepada masyarakat untuk mempertahankan persatuan dan kerja sama dalam pembangunan di daerah.

BACA: Sambut Nyepi, Umat Hindu Jalani Persembahyangan di Pura Agung Jagat Natha

“Ini adalah bentuk keakraban kita bersama, rakyat bersatu, rakyat terpadu, rakyat bersama-sama. Maka tidak ada pekerjaan yang sulit karena semua akan terselesaikan dengan mudah,” tegas Mujiyat saat menghadiri pengarakan ogoh-ogoh, Minggu (10/3/2024).

“Semoga nanti akhir bulan Maret, bisa dimulai rehab Pura (tempat ibadah umat Hindu). Saya tidak bicara panjang lebar karena akses jalan sudah baik, hanya jalan Sumber Ayu saja yang perlu perbaikan,” sambungnya.

Pengarakan Ogoh-ogoh merupakan salah satu tradisi seni budaya. Acara ini terbuka bagi masyarakat umum, dan warga bisa menyaksikan secara langsung kegiatan tersebut.

Kemudian, Ogoh-ogoh harus dibakar sebagai makna melenyapkan sifat-sifat buruk yang melekat di dalam diri manusia.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.