5 Kali Berturut-turut, Kota Tanjung Kembali Raih Anugerah Adipura 2023

0

DI akhir kepemimpinan Bupati H Anang Syakhfiani, Bumi Sarabakawa kembali mendapatkan penghargaan Adipura.

PENGHARGAAN dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia ini, merupakan Anugerah Adipura yang kelima kalinya kepada Pemerintah Kabupaten Tabalong, karena dinilai berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan hidup wilayahnya.

Disaksikan oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, didampingi oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar kepada Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, di Auditorium Manggala Wanabhakti, Kementerian LHK, Selasa (5/3/2024).

BACA: Raih Piala Adipura Yang Ke-4 Kalinya, Pemkab Tabalong Berikan Apresiasi Petugas Kebersihan

Wapres KH Ma’ruf Amin berharap, penghargaan Adipura tidak menjadi titik akhir perjuangan, tetapi justru semakin membangkitkan semangat dan upaya kepala daerah dalam melakukan langkah konkret di lapangan, untuk mengatasi persoalan sampah di wilayah masing-masing.

“Saya harapkan kota-kota di Indonesia mampu bersaing secara global, menjadi terbaik di Kawasan Asia Tenggara, bahkan dunia,” imbaunya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyampaikan, bahwa Adipura merupakan penghargaan kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Hal tesebut termasuk dalam menyelaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik untuk mencapai kota berkelanjutan.

BACA JUGA: Pemkab Tabalong Kembali Raih Piala Adipura Ke-4, Bupati Tabalong Harapkan Kesadaran Masyarakat

Sementara itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyampaikan rasa syukurnya atas diraihnya kembali Anugerah Adipura oleh Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong yang kelima kalinya, yang diperoleh secara berturut-turut.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita meraih piala adipura, lambang supremasi pengelolaan kebersihan dan keindahan kota tingkat nasional,” ujar Bupati Anang.

Piala Adipura Kategori Kota Kecil ini terangnya, merupakan buah dari kerja keras bersama yang dilakukan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kecamatan, Kelurahan dan Desa, serta dukungan masyarakat termasuk sejumlah perusahaan bersama mitra kerjanya, serta perbankan.

BACA LAGI: Tiga Kali Berturut-turut Tabalong Raih Adipura

Di akhir-akhir masa jabatannya sebagai Bupati Tabalong, Anang pun berseloroh: masih saja memperoleh penghargaan. Demikian diartikannya sebagai sebuah tradisi yang baik, dan dikehendaki tetap dipertahankan nantinya.

“Tradisi seperti ini hendaknya bisa dipertahankan. Sehingga tidak menutup kemungkinan nantinya Tabalong juga akan meraih Adipura Kencana. Kita punya peluang untuk bisa meraihnya dengan Raihan Anugerah Adipura yang sudah berturut-turut ini,” tandas Anang memotivasi.

Bupati Anang selalu mendorong untuk melakukan penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH), meningkatkan pengelolaan TPA sampah agar semakin baik, serta semakin baiknya dukungan masyarakat Tabalong itu sendiri.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.