Gelar Apel Siaga, Bawaslu Kotabaru Pinta Masa Tenang Steril dari APK

0

BADAN Pengawas Pemilu Kotabaru menggelar apel siaga pengawasan masa tenang dan pemungutan suara Pemilu 2024, Minggu (12/2/2024).

“PESERTA pemilu telah diberikan kesempatan untuk berkampanye sejak 28 November 2023 selama 75 hari,” ucap Ketua Bawaslu Kotabaru, Rony Syafriansyah.

Oleh karena itu, sebut dia, pada masa tenang selama 3 hari ini harus steril dari segala aktivitas kampanye. “Mari kita jaga masa tenang ini sampai hari pemungutan dan penghitungan suara,” tegasnya.

BACA : Masa Tenang Pemilu, Aparat Gabungan Tertibkan APK

Ia menyampaikan, dalam masa tenang ini, pihaknya diseluruh jajaran menyatakan siaga penuh untuk menjaga masa tenang dan pemungutan serta penghitungan suara melalui kerja pengawasan pencegahan dan penindakan.

Sedangkan Wakapolres Kotabaru, Kompol Agus Rusdi Sukandar menyebut, pelaksanaan pesta demokrasi 2024 akan banyak tantangan dihadapi. Mulai dari permasalahan dengan skala ringan, sedang hingga besar.

“Untuk itu saya berharap semua mendukung Bawaslu dalam rangka melakukan pengawasan dan mengawal pesta demokrasi yang saat ini sedang berlangsung khususnya di Kotabaru,” jelasnya.

BACA JUGA : Tabuh Genderang, Masuki Masa Tenang Banjarmasin Harus Bersih dari Atribut

Sementara itu, Kejari Kotabaru, Ahmad Fadlan mengatakan bahwa pemilu damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu dan pemerintah sendiri yang telah senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas,ketertiban dan keamanan selama penyelenggaraan.

“Saya mengajak untuk memastikan bahwa pemilu damai tidak semata mata dimaknai sebagai slogan,melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama tahapan pemilu,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Bupati Kotabaru, Zainal Arifin mengatakan Pemkab Kotabaru mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bawaslu dalam melaksanakan pengawasan kepada masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Pemilu serentak 2024 merupakan pesta demokrasi yang akan menjadi tonggak sejarah bagi Bangsa Indonesia karena dilaksanakan secara serentak dalam waktu yang bersamaan. Sinergi bersama berbagai stakeholder beserta seluruh lapisan masyarakat merupakan hal penting guna menciptakan suasana damai dan kondusif di Kotabaru.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.