Bupati Balangan Sebut Proyek yang Tertunda di 2023 Akan Dianggarkan di 2024

0

BUPATI Balangan Abdul Hadi mengatakan untuk pengerjaan yang gagal dilaksanakan pada 2023 sudah diantisipasi dengan penganggaran kembali pada 2024 dan dilakukan pengerjaan pada awal tahun ini.

“PERENCANAAN sudah kami lakukan pada akhir tahun 2023 dan pengerjaan yang tertunda dilaksanakan pada awal tahun 2024, kami optimis semua pekerjaan bisa selesai sesuai dengan rencana,” kata Abdul Hadi di Balangan, Rabu (3/1/2024).

Abdul Hadi menambahkan, pada 2023 lalu pihaknya telah melaksanakan proyek strategis untuk mewujudkan janji pemerintah daerah dalam penataan Kota Paringin, yang mana sebanyak sepuluh proyek strategis tersebut mendapat pendampingan langsung dari Kejari Balangan.

BACA : Evaluasi Kinerja 2023, Bappedalitbang Balangan Susun Langkah dan Strategi 2024

Sementara itu Kajari Balangan Fajar Gurindro mengungkapkan, sejak awal proses pengerjaan proyek strategis sudah dilakukan pendampingan.

Fajar melanjutkan, jika ada kendala juga dilakukan Show Cause Meeting (SCM) untuk meminta pertanggungjawaban dari pekerja mengenai alasan dan kendala selama proses pengerjaan.

“Ada beberapa proyek pengerjaan yang sudah dilakukan hingga SCM tiga dan menghindari kerugian daerah maka dilakukan pemutusan kontrak,” ungkap Kajari.

Selain itu ujar Fajar, ada pula yang melakukan Contract Change Order (CCO) sehingga membuat proses pengerjaan pembangunan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Menurut Fajar dengan adanya CCO juga dilakukan pertimbangan apakah masih bisa dilanjutkan, jika memang memungkinkan diberikan waktu untuk melanjutkan pengerjaan.

BACA JUGA : 2024, Pembangunan Istana Anak Yatim di Balangan Masuki Tahap 3

Terakhir Kajari berharap, pada proses pembangunan ditahun 2024 diharapkan proses pengerjaan sesuai dengan rencana dan masih akan melakukan pendampingan sehingga tidak ada kerugian negara.

Sebagaimana diketahui, dari 10 proyek strategis yang dilakukan pemutusan kontrak adalah rekonstruksi jalan longsor Desa Tarangan, Kecamatan Paringin Selatan dengan anggaran sekitar Rp 15 miliar, pembangunan Relokasi Pujasera di belakang Pasar Modern Adaro Kecamatan Paringin dengan anggaran sekitar Rp 9,8 miliar, dan Pembangunan Sarana dan Prasarana Pendukung Komplek Islamic Centre dengan anggaran sekitar Rp 8,9 miliar.

Kemudian dua proyek yang masih dilanjutkan dengan denda yaitu peningkatan Jalan Kembar Bundaran Pasar Paringin, Rekonstruksi Jalan Longsor Desa Baruh Bahinu dan Penataan Kawasan Terminal Paringin yang masih diberi kesempatan untuk melanjutkan progress pembangunan.

Terakhir sebanyak empat proyek strategis lainnya yang sudah Provisional Hand Over (PHO) atau serah terima, adalah pekerjaan Pembangunan Asrama Putra dan Pengelola Istana Anak Yatim, Rekonstruksi Jalan Longsor Desa Tanah Habang Kiri, Rekonstruksi Jalan Longsor Desa Baramban dan Rekonstruksi Jalan Longsor Desa Matang Lurus.(jejakrekam)

Penulis MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.