Soal Status Eks Caleg Pemilu 2019, Anggota Bawaslu Banjarmasin Masbukhin Dipangggil Bawaslu Kalsel

0

GEGARA statusnya pernah menjadi calon legislatif (caleg) Pemilu 2019, anggota Bawaslu Kota Banjarmasin Masbukhin harus dipanggil oleh Bawaslu Provinsi Kalsel.

PEMANGGILAN Masbukhin dalam proses klarifikasi ke Kantor Bawaslu Provinsi Kalsel, Jalan RE Martadinata, Banjarmasin, Rabu (29/11/2023), setelah namanya tercantum dalam daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2019 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dapil Kalsel 1 (Banjarmasin) dengan nomor urut 8.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Kalsel, Muhammad Radini mengaku tengah melakukan klarifikasi terhadap laporan masyarakat tentang dugaan anggota Bawaslu Banjarmasin Masbukhin merupakan mantan caleg Pemilu 2019, sehingga tidak memenuhi syarat 5 tahun sebagai calon komisioner.

“Hari ini, kami sudah klarifikasi kepada yang bersangkutan terkait laporan masyarakat. Masbukhin tetap diberi hak jawab untuk meluruskan kabar jika dirinya merupakan mantan caleg Pemilu 2019 dari PPP,” kata Muhammad Radini kepada jejakrekam.com, Rabu (29/11/2023).

BACA : Belum 5 Tahun, Kok Eks Caleg PPP Pemilu 2019 Bisa Lolos Jadi Anggota Bawaslu Banjarmasin?

Radini menyebut saat ini masih dalam proses klarifikasi dan penelaaah secara komprehensif terkait dengan laporan masyarakat, terutama fakta dan data yang disampaikan terhadap Masbukhin.

“Kami juga melakukan pendalaman kasus ini dengan berencana meminta keterangan dari Tim Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Wilayah II Provinsi Kalsel. Saat ini, memang belum ada,” kata Radini.

Mantan anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalsel ini memastikan dalam semua data dan fakta itu akan dirangkum dalam kajian apakah Masbukhin benar-benar terindikasi kuat sebagai eks caleg Pemilu 2019. “Hasilnya akan kami laporkan ke Bawaslu RI di Jakarta,” ucap Radini.

BACA JUGA : Bawaslu RI Resmi Umumkan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Kalsel, Simak Namanya

Sayangnya, jejakrekam.com berupaya untuk mendapatkan hak jawab dari Masbukhin sudah keburu keluar dari ruangan pemeriksaan. Begitu dikontak via ponsel dan chat WA, lagi-lagi anggota Bawaslu Kota Banjarmasin yang menanganani Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (Humas) ini tidak mau membalas dan terkesan bungkam, hingga berita ini ditayangkan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.