Sabet Medali Emas dan Perak, 2 Petarung Kick Boxing Kalsel Rebut Tiket PON Aceh-Sumut 2024

0

KETUA Pengprov Kick Boxing Kalimantan Selatan, HM Rosehan Noor Bachri mengucap syukur karena atlet di bawah binaannya bisa merebut tiket agar bisa berlaga di PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) pada 8-30 September 2024.

HAL ini setelah, 10 atlet yang dikirim Kalsel pada babak kualifikasi Pra-PON 2023 di Bogor, Jawa Barat pada 20-22 Oktober 2023 lalu, separuh petarung seni bela diri gabungan tinju dan tendangan ini bisa masuk ke babak semifinal.

“Dari 10 atlet kick boxing yang dikirim Kalsel ke babak kualifikasi Pra-PON 2023, memang hanya lima atlet yang bisa lolos pada babak semifinal,” ucap Rosehan kepada jejakrekam.com, Rabu (25/10/2023)

Mereka yang lolos babak semifinal adalah Nadia Hasanag kelada 50 kilogram (kg) lowkick, Rizky Sunita Inggriqni kelas 60 kg full contact, Lisa Asni pada kelas 56 kg point fighting, Hazqil Nasuha ikut kelas 71 kg lowkick dan Arjun turun di kelas 71 kg full contact.

BACA : Paman Birin Tegaskan Kalsel Siap Tuan Rumah Pra PON 2023

“Saat itu, Rizky Soneta Anggraini yang berhasil masuk final di kelas 60 kg meraih medali emas,  dia mengalahkan atlet dari Kalimantan Timur, sehingga yang bersangkutan berhak atau mendapat tiket mengikuti PON XXI/2024 di Aceh-Sumut,” kata mantan Wakil Gubernur Kalsel ini.

Rosehan menjelaskan Rizky merupakan atlet kick boxing asal Kabupaten Tabalong yang kesehariannya bertugas sebagai sipir di Lapas Tabalong. Lewat perjuangan yang panjang, Rizky sukses mempersembahkan medali emas bagi Kalimantan Selatan.

“Sedangkan, Hazqil Nasuha yang turun di kelas 71 kg hanya meraih medali perak. Dia belum beruntung mendapatkan medali emas, karena musuhnya dari Jawa Barat dan kita selalu kalah,” ujar anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

BACA JUGA : Resmi Diluncurkan, Wakili Kalsel ULM Siap Jadi Tuan Rumah Geber POMNAS XVIII Pada 12-22 November 2023

Meski begitu, Rosehan menyebut Hazqil Nasuha yang merupakan petarung kick boxing asal Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST) tetap berhak mengantongi tiket untuk bisa berlaga di Aceh-Sumut pada PON XXI tahun depan.

 “Dengan keberhasilan dua atlet yang melenggang masuk pada laga berikutnya di PON XXI tahun 2024 mendatang di Aceh dan Sumut, kami berterima kasih kepada sejumlah pihak yang telah memberi support. Yakni Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kepala Dispora Provinsi Kalsel Hermansyah, Kepala Dishub Provinsi Kalsel Muhammad Fitri Hernadi serta pihak-pihak yang telah memberi spirit bertanding bagi atlet Banua,” imbuh Rosehan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.