Antisipasi Dampak El Nino, Bupati Tabalong Panen Dan Tanam Padi

0

BUPATI Tabalong H Anang Syakhfiani, bersama Ketua DPRD Tabalong Mustafa, Dandim 1008/Tabalong Letkol Czi Catur Witanto dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Wahyu Pratomo, melaksanakan panen dan tanam padi dalam upaya mengantisipasi dampak El Nino, Rabu (18/10/2023).

PANEN padi adalah milik Kelompok Tani Harapan Makmur, Desa Bilas, Kecamatan Upau, sedangkan tanam padi di area sawah milik Kelompok Tani Budi Sekawan, Desa Muang, Kecamatan Jaro, Tabalong.

Disebutkan, kegiatan panen tersebut merupakan bagian dari 2.451 hektar luasan yang ditanam pada Oktober 2023 ini. “Ini adalah program khusus dari pemerintah pusat. Kalsel kalau tidak salah dapat jatah 100 ribu hektar, kita di Tabalong 2.240 hektar,” ujarnya.

Proses tanam padi di Jaro diharapkan dapat segera dilakukan, sebagai upaya mendukung kawasan lumbung pangan Tabalong, bahkan IKN. “Saya berharap para petani di Kecamatan Jaro terus menanam padi agar bisa menyuplai ke kawasan IKN,” harap bupati.

BACA: Meski Kemarau, Petani Di Tabalong Dapat Panen Raya. Bupati Anang: Ini Patut Diapresiasi

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong Fahrul Raji menambahkan, varietas yang dipanen yaitu Mekongga dengan hasil ubinan rata-rata sebanyak 4,2 kg dan produksi rata-rata sebanyak 6,720 ton per hektar.

“Hamparan sawah di Kecamatan Jaro seluas 1.186 hektar dengan luas persawahan di Desa Muang seluas 187 hektar. Lalu luas persawahan di Kelompok Tani Budi Sekawan seluas 29 hektar dengan varietas yang ditanam yaitu Inpari 32, Mekongga dan Siamadu,” tambahnya.

Sementara hasil ubinan rata-rata sebanyak 5 kg dan produksi rata-rata 8 ton per hektar serta varietas infari 32 dengan produksi 8,5 ton per hektare.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.