Puluhan Kader Posyandu di Banjar Ikuti Pelatihan Standardisasi Alat UTTP

0

DINAS Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar bersinergi dengan Dinas Kesehatan dalam standardisasi alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) di Posyandu dan Puskesmas di seluruh Banjar.

HAL tersebut disampaikan Kepala DKUMPP Banjar Kencana Wati saat membuka pelatihan penggunaan UTTP yang benar untuk kader posyandu, di Hotel Aston Banua Kecamatan Gambut, Selasa (17/10/2023).

Kencana Wati mengatakan, alat ukur tinggi badan dan timbangan yang digunakan di fasilitas kesehatan masyarakat oleh kader posyandu perlu dijaga akurasinya karena keduanya sangat penting dalam penentuan status gizi dan dan status stunting.

BACA : Gelontorkan Rp 5,2 Miliar, Pemkab Banjar Berikan Bonus Untuk Atlet Berprestasi

”Kader Posyandu merupakan ujung tombak dalam pencatatan hasil pengukuran dan penimbangan sehingga kegiatan pelatihan ini perlu dilaksanakan,” ujarnya.

Adapun jumlah peserta pelatihan ini 75 orang kader posyandu terdiri dari 3 orang dari masing-masing Puskesmas se-Kabupaten Banjar.

Sementara itu salah satu narasumber dari Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional III Kalsel Elva Marlyana memberikan materi tentang sosialisasi kemetroligian penggunaan alat ukur yang benar. Elva menjelaskan cara menimbang yang baik dan benar pada alat timbang bayi dan dacing.

BACA JUGA :  Berlaga Di Denpasar Open Taekwondo 2018, Atlet Kabupaten Banjar Sabet Emas

”Timbangan diletakkan pada tempat yang rata, kokoh dan mudah dibaca karena posisi miring dapat mengakibatkan hasil penimbangan yang tidak tepat,” jelasnya.

Selain pengukuran berat badan Elva juga menjelaskan cara mengukur tinggi badan yang benar pada anak. Narasumber lainnya Kepala Dinas Kesehatan Banjar Yasna Khairina memberikan materi tentang urgensi alat ukur dan timbang yang akurat dalam penentuan status gizi. Pada pelatihan juga ada sesi tanya jawab dan sharing mengenai berbagai permasalahan yang ada di posyandu.(jejakrekam)

Penulis MC Banjar
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.