Pasca Covid Kunjungan Wisata Di Kalsel Terus Meningkat, Hunian Hotel Tembus 70 Persen

0

DINAS Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan mengklaim, tingkat kunjungan wisatawan pasca covid-19 mengalami peningkatan seperti semula.

KEPALA Dinas Pariwisata Kalsel Muhammad Syarifuddin mengatakan, kenaikan ini terlihat dari indikator tingkat hunian hotel yang sudah di atas 70 persen. “Wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara sudah menikmati suasana rekreasi yang ada di beberapa lokasi di Kalimantan Selatan,” ujarnya dengan jejakrekam.com, Senin (16/10/2023).

“Bukti lainnya, di samping hunian hotel yang naik cukup tajam, beberapa maskapai penerbangan juga sudah membuka rute ke Banjarmasin,” sambungnya.

BACA: 54 Situs Warisan Budaya Kalsel Masuk Geopark Meratus

Penjabat Bupati Kabupaten Tapin ini menambahkan, pada tanggal 29 Oktober 2023 juga ada event, dimana Kalsel akan menjadi tuan rumah yang memperlombakan tiga cabang olahraga yakni berenang, sepeda dan lari. “Saat ini yang sudah mendaftar sebanyak 90 orang dari 10 provinsi, yang mana nantinya event ini akan dibatasi hanya 100 orang,” katanya.

“Sedangkan di awal Tahun 2024 di Semarang Jawa Tengah, kita akan launching Kalender Event Pariwisata seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia yakni diperkirakan sebanyak 80 event,” ucapnya.

Syarifuddin berpesan, agar pengelola objek wisata Banua untuk melengkapi rambu-rambu keselamatan, mengingat saat ini sedang terjadi cuaca ekstrem disejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Kalsel.

“Kelengkapan rambu-rambu ini perlu diperhatikan, sebagai bentuk upaya antisipasi agar wisatawan yang berkunjung tahu area yang berbahaya, dan mereka bisa berhati-hati. Pengelola bisa berkoordinasi dengan dinas pariwisata setempat terkait kelengkapan rambu tersebut,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.