Terima Penghargaan Pena Mas Dari PWI Pusat, Paman Birin Diundang Ke Istana Negara

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menjadi tamu kehormatan, yang diundang secara khusus oleh Presiden RI Joko Widodo, ke Istana Negara, Senin (25/9/2023).

H Sahbirin Noor diundang karena komitmen dan kepeduliannya terhadap perkembangan pers daerah dan nasional, selama menjabat sebagai Gubernur Kalsel.

Gubernur penerima penghargaan Pena Mas dari PWI Pusat pada tahun 2021 lalu ini, menjadi satu-satunya kepala daerah yang diundang menyaksikan peresmian pembukaan Kongres Persatuan Wartawan Indonesia XXV Tahun 2023.

BACA: Paman Birin Dorong Media di Kalsel, Profesional dan Terverifikasi Dewan Pers

Di hadapan Presiden Joko Widodo, Ketua PWI Pusat Atas S Depari, menyampaikan bahwa Paman Birin, panggilan akrab H Sahbirin Noor, memiliki kepedulian terhadap masyarakat pers di Kalsel dan nasional.

“Perlu Pak Presiden ketahui, Gubernur Kalsel Paman Birin adalah penerima penghargaan Pena Mas dari PWI atas kepedulian dan komitmennya terhadap masyarakat pers di Kalsel dan bahkan secara nasional,” kata Atal saat memberikan sambutan di depan presiden dan para Ketua PWI dari seluruh Indonesia.

Untuk diketahui, di masa kepemimpinan Paman Birin, Kalsel menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional. Paman Birin juga terus mendorong penguatan kompetensi wartawan melalui pelaksanaan uji kompetensi wartawan yang didukung oleh Pemprov Kalsel.

BACA JUGA: Ketua dan Pengurus PWI Kalsel Dilantik, Paman Birin: Berikan Kritik Dan Kontrol Yang Sehat

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengingatkan, agar pers jangan hanya mengejar berita sensasional yang asal viral. “Pers harus berbeda dengan citizen journalism. Pers jangan hanya mengejar asal viral dan sensasional. Apalagi di tahun politik, pers harus bisa memegang teguh kode etik. Itulah yang membedakan pers dengan citizen journalism,” kata Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Kominfo dan Sekretaris Kabinet.

Menanggapi pesan Presiden Jokowi, Paman Birin mengatakan, bahwa sebagai gubernur dirinya selalu menganggap pers sebagai mitra dalam membangun daerah. “Pers itu adalah teman yang baik, karena selalu mengingatkan untuk bekerja dalam koridor aturan. Baik Pemprov Kalsel dan teman-teman pers berjalan sinergi untuk membangun Banua sesuai peran masing-masing,” katanya.

Paman Birin juga berharap agar pers di daerah berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dengan memberikan informasi yang sesuai kode etik. “Seperti diingatkan Pak Presiden, pegang teguh kode etik, karena itu adalah ruh bagi jurnalis dalam menjalankan tugasnya secara profesional,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.