Gebyar PAUD Diikuti 3.000 Anak, Bupati Tabalong Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter

0

GEBYAR PAUD dan Karnaval gelaran Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Disdikbud Kabupaten Tabalong diikuti ribuan peserta dalam memeriahkan Hari Anak Nasional Tahun 2023.

BERLOKASI di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Tanjung, Selasa (5/9/2023), Bupati  Anang Syakhfiani didampingi Bunda PAUD Kabupaten Tabalong Syarifah Syifa Anang Syahfiani dan pejabat lainnya mengikuti kegiatan tersebut.

Tercatat, ada lebih dari 3.00 anak TK PAUD dari 92 TK-PAUD, 9 TK Negeri Pembina, dan 9 TK Negeri se-Kabupaten Tabalong mengirim masing-masing 25 anak ikut dalam Gebyar PAUD. Beberapa atraksi seperti tari, angklung, menyanyi, dan lain sebagainya disuguhkan kepada para penonton lengkap dengan berbagai kostum menarik dan unik dikenakan anak-anak.

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Disdikbud Tabalong Akhmad Syamsi memastikan kegiatan semacam ini bisa meningkatkan minat, bakat dan kreativitas anak-anak PAUD di Kabupaten Tabalong, serta mendorong terwujudnya Kabupaten Tabalong Layak Anak.

BACA : Mantapkan Status Sekolah Ramah Anak, SMKN 1 Tanjung Ikuti Penilaian Borang dari DP3AP2KB Tabalong

“Sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat tentang transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Begitu pula dalam Gebyar PAUD kali ini,” ucap Syamsi.

Usai kegiatan, ada 3 juara dipilih oleh panitia. Yakni, TK Pembina Murung Pudak keluar sebagai juara I, disusul TK Kartika Sari merebut posisi kedua dan TK Tumbuh Kembang Anak harus puas di posisi ketiga.

Sementara itu, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani  mengingatkan pentingnya memberi wadah atau kegiatan yang positif bagi anak-anak, khususnya pra sekolah dalam membentuk karakter. Terlebih lagi, dalam kegiatan itu, diikut ribuan anak TK dan PAUD se-Tabalong.

“Akibat pandemi Covid-19, kegiatan semacam ini tidak bisa terlaksana. Hal ini terwujud jgua berkat kerja keras para guru TK-PAUD se-Kabupaten Tabalong serta dukungan para orangtua,” tutur Anang Syakhfiani.

BACA JUGA : Tabalong Kembali Raih KLA Kategori Nindya, Bupati Anang : Lanjutkan Upaya, Tahun Depan Kita Raih Kategori Utama

Bagi dia, kegiatan semacam ini dapat membangkitkan anak didik untuk bisa berinteraksi, meningkatkan minat, dan bakatnya sebagai generasi penerus bangsa.

“Saya berharap para orangtua agar mengedepankan pendidikan anak usia dini para anak. Sebab, pendidikan PAUD yang pertama anak adalah di lingkungan keluarga. Jadi, perlu kerja sama dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan berkat tiga pilar, yakni sekolah, orangtua dan masyarakat,” pungkas Bupati Tabalong.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.