Mujiyat Ingatkan Kades Makmurkan Desa Dan Sukseskan Pemilu

0

PENJABAT Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat menekankan, agar kepala desa terpilih bekerja maksimal untuk memakmurkan desa dan turut mensukseskan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

HARAPAN saya kepada kepala desa terpilih untuk bangun kekuatan bersama, sehingga saling bantu dan masing-masing memberikan yang terbaik untuk desanya,” ujar Mujiyat melalui keterangan tertulis di Marabahan, Selasa (29/8/2023).

Dia juga meminta kepada kepala desa yang menjalani Pergantian Antar Waktu (PAW) menjabat kurang lebih empat tahun tersebut untuk turut mensukseskan pemilihan umum (Pemilu) yang akan datang. “Pembakal adalah tulang punggung untuk mensukseskan pilpres, pileg, pilgub dan pilbub. Diharapkan pesta demokrasi diwarnai dengan kegembiraan karena hasil pilihan dari hati nurani rakyat,” ucap Mujiyat.

BACA: Naik Trail, Pj Bupati Mujiyat Tinjau Jalan Kuala Lupak

Selain mendukung pesta demokrasi, Mujiyat juga memerintahkan kepada kepala desa baru untuk mempelajari tugas pokok sebagai abdi pemerintah dan masyarakat. Karena ada sistem administrasi dan keuangan desa, yang harus berjalan transparan dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai undang-undang yang berlaku.

Sebagai kepala desa, dituntut mampu menyelesaikan permasalahan desa, termasuk pemetaan wilayah, pengukuran lahan atau tanah, sehingga menghindari permasalahan tumpang tindih kepemilikan tanah. “Kades diharapkan dapat berkoordinasi dan konsultasi ke pemerintah kecamatan agar terhindar dari kesalahan dan mewujudkan tata kelola desa yang baik,” pungkas Mujiyat.

Diketahui, lima kepala desa baru dilantik sebagai Pengganti Antar Waktu tersebut dari tiga desa di Kecamatan Tamban, yaitu Desa Jelapat 1, Desa Purwosari II dan Desa Sekata Baru. Dua desa lainnya dari Kecamatan Anjir Pasar, yakni Desa Andaman II dan Desa Anjir Seberang Pasar 1.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.