Telan Dana Rp 1,9 Triliun, Stadion Demang Lehman Masuk 22 Stadion Prioritas Renovasi PUPR

0

STADION Demang Lehman di Desa Indrasari, Martapura, Kabupaten Banjar masuk dalam daftar 22 stadion di Indonesia yang akan direnovasi oleh pemerintah pusat.

TAK tanggung-tanggung, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr) akan menggelontorkan dana segede Rp 1,9 triliun.

Dalam keterangannya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan 22 stadion yang diperbaiki itu masuk prioritas, selain venue untuk Piala Dunia U-17 2023 diikuti 24 peserta timnas kesebelasan saat Indonesia dipilih FIFA sebagai tuan rumah pada 10 November-2 Desember 2023.

“Stadion yang menjadi prioritas perbaikan sekarang ini selain venue untuk Piala Dunia adalah Kanjuruhan,” ucap Basuki.

Renovasi atau perombakan puluhan stadion di Indonesia dilakukan Kementerian PUPR pasca Tragedi Kanjuruhan. Berdasar hasil evaluasi teknis 165 stadion yang digunakan untuk gelaran Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 akhirnya mengerucut dalam skala prioritas 22 stadion yang akan direnovasi dalam kategori mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat.

BACA : Akhir Tahun 2022, Renovasi Stadion 17 Mei Ditarget Rampung, Bisa Jadi Markas PS Barito Putera

Sementara, Stadion Demang Lehman milik Pemkab Banjar di Martapura masuk dalam kategori rusak sedang berdasar rilis data Kementerian PUPR.

Kabar adanya rencana renovasi Stadion Demang Lehman oleh Kementerian PUPR diungkapkan Sekda Kabupaten Banjar, H Mokhamad Hilman.

“Ya, ada permintaan dari Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir menindaklanjuti rekomendasi FIFA, sehingga pihak Kementerian PUPR juga memasukkan Stadion Demang Lehman masuk dalam proyek renovasi stadion di Indonesia,” ucap Hilman kepada jejakrekam.com, Selasa (18/7/2023).

BACA JUGA : Sudah Telan Dana Puluhan Miliar dari APBD Kalsel, Kapan Renovasi Stadion 17 Mei Selesai?

Menurut Hilman, Pemkab Banjar tentu menyambut gembira atas rencana Kementerian PUPR, karena cukup lama Stadion Demang Lehman juga tak direnovasi. Karena selama ini, Stadion Demang Lehman menjadi homebase klub sepakbola kontestan Liga 1 Indonesia; PS Barito Putera. Sebelumnya, Stadion Demang Lehman juga menjadi markas Martapura FC sebelum sahamnya diakuisisi hingga bertransformasi menjadi Dewa United FC.

“Soal anggaran, saya tidak tahu karena langsung ditangani oleh Kementerian PUPR. Yang penting, kami bersyukur karena Stadion Demang Lehman masuk dalam 22 stadion di Indonesia yang akan diperbaiki,” ucap mantan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar.

Stadion Demang Lehman merupakan wahana olahraga multifungsi yang dibangun oleh Pemkab Banjar diawali di masa Bupati Sultan Khairul Saleh pada  18 Januari 2013. Selain, Stadion Demang Lehman, Kalsel sendiri punya Stadion 17 Mei di Jalan Jafri Zamzam, Teluk Dalam Banjarmasin sebagai stadion berstandar nasional bahkan didesain mengikuti standar internasional.

BACA JUGA : Permak Stadion 17 Mei Berstandar Internasional Butuh Dana Rp 250 Miliar

Menelan dana Rp 90 miliar, Stadion Demang Lehman awalnya dipersiapkan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel 2013 saat Kabupaten Banjar menjadi tuan rumah.

Dengan fasilitas, rumput zoyzia matrella lin berstandar FIFA, Stadion Demang Lehman memiliki panjang lapangan 110 meter dan lebar 73 meter. Ada pula lintasan atletik 400 meter dengan 8 jalur dengan kapasitas tribun 15.000 penonton dan penerangan lampu 1.000 luks.

“Memang pembangunan Stadion Demang Lehman itu dibagi dalam tiga tahap hingga rampung dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Banjar, waktu itu,” ungkap Hilman lagi.

BACA JUGA : Stadion Demang Lehman Bertuah, Martapura FC Curi Poin dari PSBS Biak

Diawali dengan penyusunan manajemen konstruksi pembuatan Stadion Demang Lehman senilai Rp 723 juta lebih oleh PT Bina Karya (Persero) pada 2013. Berlanjut pembangunan fisik tribun Stadion Demang Lehman senilai Rp 23,4 miliar pada 2014 oleh kontraktor pelaksana; PT Nindya karya (Persero).

Pada APBD 2015, Pemkab Banjar juga menggelontorkan dana Rp 4,5 miliar untuk pembangunan tribun. Proyek ini dimenangkan oleh penyedia jasa konstruksi; PT Adji Perkasa dengan menawar Rp 4,3 miliar lebih. Sedangkan, pengawasan pembangunan Stadion Demang Lehman ditunjuk CV Dharma Cipta Pratama dari proyek bernilai Rp 100 juta.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/07/18/telan-dana-rp-19-triliun-stadion-demang-lehman-masuk-22-stadion-prioritas-renovasi-pupr/,Std Dema Leman
Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.