Bupati Balangan Gelar Ramah Tamah Bersama Dirut Bank Kalsel dan Kepala OJK Regional 9 Kalimantan

0

PEMKAB Balangan menggelar ramah tamah bersama Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan Darmansyah, serta Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan Rudy H Harahap di Aula Benteng Tundakan Sekretariat Pemda Kabupaten Balangan, Kecamatan Paringin Selatan, Selasa (11/7/2023).

KEGIATAN ini berlangsung setelah dilakukannya Launching Tim Sensus Inventarisasi Barang Milik Daerah Kabupaten Balangan oleh Kepala BPKPAD Kalsel, Rudy M Harahap.

Dalam ramah tamah ini juga hadir Bupati Balangan H Abdul Hadi, Sekretaris Daerah Balangan H Sutikno, Kepala Cabang Bank Kalsel Paringin Agus Setiawan serta jajaran, dan para Kepala SKPD diruang lingkup Pemkab Balangan, serta tamu undangan lainnya.

BACA : GNPIP 2023: Inovasi Budidaya Pertanian Terintegrasi Tingkatkan Ketahanan Pangan Strategis Kalsel

Kepala OJK Regional 9 Kalimantan Darmansyah mengatakan secara umum kondisi perbankan APBN di Balangan itu kondisi baik dan sehat.

“Artinya pengelolaannya baik dan kita selalu memantau dan itu di support sendiri oleh Bupati. Nah terkait dengan salah satu programnya yaitu KPMR atau kredit melawan rentenir yaitu memberikan bunga 0%, ini juga sebuah inisiatif atau sebuah program yang sangat mendorong kesejahteraan masyarakat khususnya UMKM,” ucapnya.

Darmansyah mengatakan, salah satunya dilakukan oleh BPR di Balangan dan itu dinyatakan melalui pernyataan modal oleh kabupaten.

BACA JUGA :  Tak Perlu Repot Mencari Uang Kembalian, Cukup Pindai Kode QRIS  ‘Pentol Asiek’ Sudah Bisa Dinikmati

“Artinya kami melihat bahwa melalui jasa-jasa keuangan Pemerintah Kabupaten mendorong kesejahteraan masyarakat di Balangan ini khususnya UMKM,” sebutnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin menyebut ini sesuatu yang luar biasa.

“Sudah beberapa tahun ini komitmen bupati menambah modal kita Rp 100 miliar dan sudah ada Perda-nya yang dianggarkan di 2024. Insya Allah akan disetorkan melalui perubahan di tahun ini. Jadi kewajiban bupati sudah ditunaikan setahun sebelum itu berakhir,” kata dia.

Dia mengatakan, hal ini merupakan bagian dari upaya Bank Kalsel bersama OJK untuk bisa memastikan lagi bahwa modal Bank Kalsel sudah terpenuhi di 2024.

Bupati Balangan H Abdul Hadi mengungkapkan semakin banyak penyertaan modal maka semakin banyak dividen yang didapat pemerintah daerah.

“Jadi kalau kita semakin banyak melakukan penyertaan modal, kita pemerintah daerah akan mendapatkan dividen. Kemudian CSR-nya nanti akan dirundingkan Pemda dengan Bank Kalsel. Nah ini bisa kita alihkan lagi nanti untuk membantu UMKM dan keluarga miskin di Kabupaten Balangan. Kalau tahun kemarin kita arahkan ke bedah rumah, nah tahun ini kita ada subsidi penambahan modal usaha kecil menengah. Jadi semakin banyak kita melakukan penyertaan modal semakin banyak kita dapat dividen semakin banyak kita dapat CSR ini yang menjadi target kita ke depan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.