Perwakilan 18 Parpol Ikuti Susur Sungai Martapura, Kirab Pemilu 2024 Harus Jamah Pemilih Pemula

0

KIRAB Pemilu 2024 secara serentak digelar di Indonesia. Untuk di Banjarmasin ditandai dengan kompak mengenakan balutan busana khas Banjar seperi laung dan baju kain Sasirangan.

KIRAB pemilu serentak tahun 2024 ini ditandai dengan penyerahan estafet bendera KPU dari Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah diterima oleh KPU Kota Banjarmasin.

Dari dermaga depan Balai Kota Banjarmasin, Jalan RE Martadinata, dilanjutkan dengan kirab susur sungai dengan menaiki kelotok secara konvoi atau pawai juga diikuti perwakilan 18 parpol kontestan Pemilu 2024 di Sungai Martapura, Senin (3/7/2023).

“Kirab Pemilu 2024 ini akan berlangsung selama tujuh hari ke depan. Untuk di Banjarmasin diawali dengan kegiatan susur sungai di Sungai Martapura,” ucap Ketua KPU Kota Banjarmasin, Hj Rusnailah.

BACA : Susur Sungai Kirab Pemilu 2024 Diisukan Pungut Dana ke Parpol, KPU Kota Banjarmasin Membantah

Menurut dia, kirab Pemilu 2024 dengan konvoi kelotok mengarungi Sungai Martapura ini berangkat dari Siring Balai Kota dengan rute dermaga Patung Bekantan dan Siring Tendean, hingg singgah ke Kampung Hijau Sungai Bilu.

“Kirab ini juga dilaksanakan di lima kecamatan yang ada di Kota Banjarmasin. Nantinya, mereka bisa sosialisasikan informasi pelaksanaan Pemilu 2024 kepada masyarakat,” kata Hj Rusnailah.

BACA JUGA : Bonus Demografi Di Pemilu 2024 Pemilih Pemula, RRI Banjarmasin Gelar Parlemen Menjawab

Menurut dia, acara kirab Pemilu 2024 sangat penting untuk mengedukasi masyarakat agar terlibat dan berpartisipasi, sehingga puncaknya hari pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2023, para pemilih bisa menyalurkan hak suaranya ke TPS. “Sebab, suara mereka (pemilih) akan menentukan arah bangsa ke depan,” kata Hj Rusnailah.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina berharap lewat kirab Pemilu 2024 bisa menjadi wahana sosialisasi bagi masyarakat dalam mewujudkan pemilu yang lancar dan aman.

“Pada prinsipnya, Pemkot Banjarmasin siap mensupport dan bekerja sama untuk memastikan pemilu yang aman, damai, dan lancar,” cetus Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel ini.

BACA JUGA : Terdata 58,38 Persen, Pemilih Milenial dan Generasi Z Dominasi DPT Pemilu 2024 Kalsel

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Afrizaldi mewakili lembaga dewan berharap KPU sebagai pihak penyelenggara bisa menjaga jalannya pemilu berlangsung dengan sukses.

“Terlebih lagi harus lebih gencar melaksanakan sosialisasi, karena pada tahun ini banyak didominasi oleh pemilih pemula,” ucap Afrizaldi.

BACA JUGA : 74 Persen Pemilih Banjarmasin Tergiur Politik Uang? Bawaslu : Sanksi Tegas Menanti

Menurut dia, tingkat partisipasi pada Pemilu 2024 juga sangat bergantung pada pemilih pemula, khususnya dari kalangan generasi milenial dan generasi Z.

“Kalau pemilihpemula ini berpikir apatis untuk tidak mengikuti pemilu, maka tingkat kehadiran di TPS bisa dipastikan akan sangat rendah. Untuk itu, KPU bersama pemerintah harus lebih gencar mensosialisasikan tahapan pemilu kepada para pemilih, khususnya kalangan pemilih pemula,” imbuh Wakil Ketua DPW PAN Kalsel ini.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.