Beradu dengan Musik Panting, Musisi Country Amerika Ashley Campbell Pukau Penonton

0

ALUNAN musik country memukau ratusan penonton di Gedung General Building Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Sabtu (1/7/2023) sore.

MESKI di luar gedung hujan turun sore itu, ratusan kawula muda yang menyaksikan musisi sekaligus penyanyi aliran country Asal Amerika Serikat, Ashley Campbell tersebut tampak sorak sorak bergembira di ruangan. Tak jarang mereka memberikan tepuk tangan meriah disetiap tampilannya yang begitu memukau.

Ashley Campbell tampil tak sendiri melainkan bersama empat personel lainnya, yakni Thor Jensen sebagai pemain gitar, Eli Bishop sebagai pemain biola, James Sullivan sebagai pemain bass dan Christopher Gelb sebagai drummer dan pemain perkusi.

BACA : Usai Dari ULM, Atase Kebudayaan Kedubes AS Kunjungi Rumah Anno 1925 Banjarmasin

Saat tampil, mereka juga melokal di mana masing-masing musisi mengenakan penutup kepala khas Banjar berupa laung yang terbuat dari kain sasirangan serta pakaian bermotif kain Sasirangan.

Dalam penampilannya, selain membawakan lagu dari Amerika, perempuan kelahiran 1986 tersebut turut membawakan lagu berbahasa Prancis bahkan lagu  Indonesia yang dipopulerkan oleh Koes Plus berjudul Kolam Susu.

“Luar biasa, sangat senang sekali pastinya berkesempatan menampilkan dan memperkenalkan musik yang disukai jutaan orang di Amerika yaitu musik country. Apalagi para penonton ada yang bertepuk tangan hingga berdansa-dansa gembira. Kami sangat senang,” ucap Ashley Campbell kepada awak media, usai manggung.

BACA JUGA : Grup Musik Panting Binaan Lapas Karang Intan Tampil Menghibur Pengunjung Q Mall Banjarbaru

Ashley juga mengatakan kolaborasi dengan musik panting saat menyanyikan lagu Jolene karya Dolly Parton yang dibawakan bersama mahasiswa Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP ULM tersebut sangat menyenangkan.

“Dalam kolaborasi ini tidak ada kesusahan, meskipun bahasa yang berbeda tapi musik itu tetap satu, jadi sejauh ini terasa nyaman, baik-baik saja dan pastinya menyenangkan,” beber Ashley.

Ditambahkan, Asisten Atase Kebudayaan Kedubes Amerika Serikat di Jakarta, Grace Clegg yang turut mendampingi menuturkan dirinya sangat bersemangat dan senang atas kolaborasi yang terjadi antara musik country dengan musik panting.

BACA JUGA : Usia Renta Pemusik Panting di Bawah Menjamurnya Pengamen Jalanan

“Kami sangat bersemangat atas kolaborasi yang terjadi antara musik panting dengan musik country, karena alat yang digunakan mempunyai inti musik yang sama misalnya seperti biola,” ungkapnya.

Yang lebih bersemangat lagi adalah bisa memperkenalkan musik khas yang terkenal sekali di masyarakat Amerika yakni lagu Jolene karya Dolly Parton, kepada masyarakat Indonesia.

Ashley Campbell dan rekan bersama pemusik panting berkolaborasi dalam pertunjukan di ULM Banjarmasin. (Foto Sheilla Farazela)

———–

“Sangat luar biasa, kami berkesempatan untuk menampilkan dan memperkenalkan musisi berbakat di Amerika, dan juga musik yang disukai jutaan orang di Amerika yaitu musik country,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Campbell tampil di Banjarmasin, masih dalam rangkaian turnya keliling Indonesia dan menyinggahi beberapa kota besar. Selain Banjarmasin, juga tampil di Jakarta, Makassar dan Ambon.

BACA JUGA : Sejuta Rasa Musik Panting, Mengangkat Kultur Banjar Menjadi Penting

Dalam penampilan ini menjadi ajang untuk mempertemukan orang-orang yang berbeda melalui musik, dan saling belajar satu sama lain, termasuk melalui musik tradisional Amerika.

Musik country adalah jenis musik yang populer di Amerika, yang berasal dari pedesaan, tempat dimana penduduknya hidup berdampingan dengan alam dan bermain musik bersama dengan keluarga mereka. 

Ashley Campbell dan Kedubes AS juga berpesan untuk terus  meningkatkan kesadaran atas pentingnya menjaga lingkungan. Karena alam Indonesia sangat indah, meskipun berbeda negara mereka ingin membantu melindungi keindahan tersebut. Karena musik tradisional adalah musik mengenai kampung halaman.

BACA JUGA : Bertemu Staf Kedubes Belanda, LK3 Bedah Problem Kebebasan Beragama di Banjarmasin

“Kita hanya memiliki satu kampung halaman, jadi marilah kita bekerja sama untuk melindungi tempat yang menginspirasi musik ini,” jelasnya.

Ashley Campbell merupakan putri Glen Campbell, seorang penyanyi, penulis lagu, musisi, pembawa acara televisi, dan aktor berkebangsaan Amerika Serikat.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.