Pakai Produk Lokal, PDIP Kalsel Bagikan 1.200 Paket Daging Kurban dengan Bakul Purun

0

SEBANYAK 10 ekor sapi kurban disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat dengan menggunakan bakul purun, bukan plastik kresek sebagaimana lazimnya.

HAL ini dilakoni DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan guna mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik yang menjadi sampah tak terurai cepat.

Pemotongan hewan kurban demi meneladani ajaran Nabi Iberahim AS yang telah dikuatkan dalam syariat Islam oleh Nabi Muhammad SAW berlangsung di Kantor DPD PDIP Kalsel, Jalan A Yani Km 5 Banjarmasin, Sabtu (2/7/2023).

“Penggunaan bakul purun sebagai wadah daging kurban ini untuk memberdayakan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Ada sekitar 1.200 paket daging kurban dibagikan kepada kader dan warga masyarakat sekitar sekretariat,” ucap Sekretaris DPD PDIP Kalsel, Berry Nahdian Forqan kepada awak media di Banjarmasin, Sabtu (2/7/2023).

BACA : Peringati Hari Lahir Pancasila, PDIP Kalsel Seru Kokohkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Berry menjelaskan penggunaan bakul purun jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan kantong plastik atau kresek, karena bisa saja terkontaminasi dengan zat yang tak baik.

“Kami juga ingin meminalisir dampak lingkungan dari penggunaan kantong plastik. Bakul purun merupakan hasil kerajinan daerah yang sehingga bisa memberdayakan para pengrajin dan pelaku UMKM,” ucap mantan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) ini.

BACA JUGA : Jual Visi Rawa Makmur, Rekrut Lulusan Ponpes PDIP HSU Pasang Caleg Milenial

Berry yang juga mantan Direktur Eksekutif Walhi Nasional ini mengatakan menjadi komitmen PDIP untuk peduli dengan lingkungan serta memulihkan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19.

“Membeli bakul purun berarti ikut menggunakan produk kerajinan lokal,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.