Belajar Ilmu Hakikat, Ribuan Jamaah Hadiri Haul Datu Ambulung

0

RIBUAN jamaah mengikuti haul Syekh Abdul Hamid Abulung atau Datu Ambulung di Masjid Jami Syekh Abdul Hamid Abulung, Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Sabtu (1/7/2023). 

BUPATI Banjar H Saidi Mansyur didampingi Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyie menuturkan pelaksanaan haul Datu Ambulung ini merupakan tradisi yang harus dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat sehingga daerah dijauhkan dari bala dan musibah. 

“Seperti haul Datu Abulung ini yang dapat mengumpulkan ribuan masyarakat untuk mengenang dan mengambil hikmah dari sejarah perjalanan beliau sehingga bisa dicintai umat seperti sekarang,” beber Bupati Saidi Mansyur. 

BACA : Ada 9 Tingkatan Wali Allah dan Gambarkan Struktur Organisasi yang Rapi

Dia menyebut kedatangan ribuan jamaah ini dari berbagai tempat, merupakan bukti mahabbah jamaah akan seorang sosok wali Allah. Sebab, bagi yang menghadiri haulnya dapat mendatangkan keberkahan hidup. 

Dalam tausyiahnya Habib Segaf bin Hasan Baharun asal Jawa Timur. Dia mengajak jamaah untuk mengambil intisari dari perjalanan hidup Syekh Abdul Hamid Abulung. 

“Ilmu Datu Abulung merupakan ilmu hakikat yang tidak sembarang orang bisa mempelajarinya,” ucap Habib Segaf.

BACA JUGA : Riset Tiga Tahun, Humaidy Siap Luncurkan Biografi 150 Ulama Berpengaruh di Tanah Banjar

Dia mengungkapkan  seperti kisah pertemuan Nabi Musa dengan Nabi Khidir, yang mana Nabi Musa dengan ilmu syariatnya dapat mengambil pelajaran dari Nabi Khidir dengan ilmu hakikatnya.

“Hal itu menunjukkan ada ilmu yang lebih tinggi lagi dari fikih yaitu tasawuf, yang mempelajarinya harus dengan bimbingan ulama yang juga mahir di bidangnya,” tutur Habib Segaf. 

“Beruntung jamaah yang hadir di pelaksanaan haul ini semoga mendapatkan keberkahan dan keselamatan berkat Datu Abulung. Tugas kita sekarang adalah melanjutkan estafet ilmu yang diwariskannya serta menghasilkan anak-anak didik yang cinta terhadap Rasulullah SAW, zuriyat dan alim ulama,” beber Habib Segaf.

BACA JUGA : Bukunya Jadi Koleksi Perpustakaan, Ahmad Barjie; Penulis Sejarah dan Budaya Banjar Paling Produktif

Dalam prosesi pelaksanaan haul diawali dengan pembacaan maulid Habsyi oleh grup maulid Guru Fahmi Sekumpul Martapura. Dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustadz Ahmadi serta ditutup dengan surat Yasin, tahlil dan doa.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.