Sambut Hari Bhayangkara Ke-77, Dit Intelkam Polda Kalsel Gelar Dialog Di Desa Gambah Dalam

0

MENYAMBUT Hari Bhayangkara Ke-77 tahun 2023, Polda Kalimantan Selatan menyelenggarakan silaturahmi dan dialog kamtibmas, dalam rangka mencegah sikap intoleran, radikalisme dan terorisme di Kabupaten HSS, Selasa (27/6/2023).

KEGIATAN yang digelar di Langgar Nurul Iman, Desa Gambah Dalam, Kecamatan Kandangan, dihadiri Kepala Desa Gambah Dalam, pengurus langgar, tokoh masyarakat, tokoh agama, Kelompok PASIKA (Paser Ikan Kandangan) dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Kanit 2 Subdit Kamneg Dit Intelkam Polda Kalsel Kompol Mohammad Sukar meminta kepada masyarakat untuk menjaga kamtibmas.

“Polri hadir sebagai mitra dari masyarakat, Tanpa ada kerjasama, Polri tidak bisa bekerja sendiri. Sebagai wujud kepedulian warga terhadap keamanan adalah menginformasikan atau melaporkan umpama ada hal-hal kurang baik seperti orang mabuk, balapan liar, mencuri atau melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma adat istiadat, dan agama, segera laporkan ke kepolisian,” pinta Mohammad Sukar.

BACA: Meriahkan Hari Bhayangkara ke-77, Polda Kalsel Gelar Lomba Olahraga Menembak

Sementara itu H Muhammad Rafi’i (Penyuluh Agama Islam Kemenag HSS) dalam ceramahnya menyampaikan, perbedaan hari raya merupakan khazanah yang ada di Indonesia, dan jangan dipermasalahkan.

“Metode NU menggunakan ruqyah hilal (melihat bulan) dan Muhammadiyah menggunakan hisab (perhitungan), kedua metode tersebut adalah benar dan tidak ada yang salah karena ada hadistnya,” ucap H Muhammad Rafi’i.

“Tanda kedewasaan kita adalah menyikapi dengan menjaga toleransi beragama, jauhi tindak kekerasan karena itu inti ajaran agama Islam yang datang membawa kedamaian,” katanya.

“Untuk itu mari jaga keseimbangan dalam beragama atau moderasi beragama, artinya tidak fanatik, dan berada di tengah-tengah walaupun perbedaan itu ada,” imbaunya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/06/29/sambut-hari-bhayangkara-ke-77-dit-intelkam-polda-kalsel-gelar-dialog-di-desa-gambah-dalam/
Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.