Disemangati Gubernur Kalsel, Para Lansia Gembira

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin memastikan makanan yang disantap para lansia sudah memenuhi kriteria enak, sehat dan bergizi.

PERHATIAN ini terungkap pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Budi Sejahtera di Landasan Ulin, Banjarbaru, Senin (12/6/2023).

“Yang ada di lembaga ini, saya perintahkan pimpinanya untuk memperhatikan masalah kesehatan dan makananya,” kata Paman Birin.

Paman Birin menginginkan dengan makanan enak, sehat dan bergizi akan berdampak positif terhadap kesehatan lansia. “Tentunya kita menginginkan para lansia ini bahagia, sehat, panjang umur, berkah dan mendapat ridho dari Allah,” katanya.

BACA: Gubernur Kalsel Komitmen Perhatikan Kualitas Hidup Lansia

Menurut Paman Birin, orang Banjar terkenal dengan budaya menghormati orang tua. “Ketika kita menghormati dan memperhatikan orang tua kita, kita juga nantinya juga akan diperhatikan oleh anak cucu kita, saya pikir orang tua kita harus terus mendapatkan perhatian dari kita, terutama di lingkungan kita masing-masing,” katanya.

Paman Birin terlihat sangat dekat dengan lansia. Ia mendatangi nenek yang paling tua dengan usia 110 tahun bernama Armiah dan menanyakan kondisi kesehatan secara langsung.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Sosial Prov Kalsel Muhammadun mengatakan, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor meminta dirinya untuk mengecek langsung makanan lansia. “Saya diminta Paman Birin untuk mengecek makanan lansia, apakah sudah sudah bergizi, sudah saya cek ternyata enak dan bergizi. Karena lansia terawat Banua bermartabat,” katanya.

BACA: Hj Raudatul Jannah Ajak Semua Komponen Cintai Lansia

Sementara itu, Ilham yang sudah berusia 70 tahun mengucapkan terima kasih kepada Paman Birin, karena telah mencurahkan perhatiannya dengan sangat baik. “Terima kasih Paman Birin telah, memperhatikan kami, telah menyemangati kami agar semangat menjalani kehidupan,” katanya.

Pada hari bahagia tersebut, Paman Birin menyerahkan secara simbolis Rehabilitasi Sosial rumah tidak layak huni, untuk lansia di Kabupaten Banjar. Penyerahan alat bantu aksesbilitas lanjut usia berupa walker, tongkat, kursi roda dan lainya.

Pada kegiatan itu juga, Ketua PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah meresmikan Cafe Himung yang tepat berada di belakang kantor Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Budi Sejahtera.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.