Pembangunan Embung Jaro Dimulai, Bupati Anang: Selain Untuk Pengairan Sawah Juga Untuk Kepentingan Lain

0

EMBUNG Jaro yang diyakini akan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, kini sudah dimulai pembangunannya.

HAL ini ditandai dengan dilaksanakannya ground breaking pekerjaan pembangunan Embung Jaro yang terletak di Desa Nalui, Kecamatan Jaro, Tabalong, Rabu (31/5/2023).

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, dengan dibangunnya embung Jaro ini tentu akan sangat banyak mendatangkan manfaat bagi masyarakat Tabalong, terutama para petani. “Namun tidak hanya untuk pertanian, Embung Jaro ini juga bermanfaat untuk banyak hal lain, termasuk untuk pengembangan perkotaan dengan debit air,” ujarnya.

BACA: Atasi Banjir Di Banua Enam, Bupati Tabalong Usulkan Pembangunan Bendungan Dan Normalisasi Sungai

Pembangunan Embung Jaro tersebut, ungkap Bupati salah satu upaya terwujudnya Kabupaten Tabalong sebagai outlet lumbung pangan bagi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Masyarakat Tabalong patut berbangga, hal ini dikarenakan dalam Tata Ruang Wilayah Pemerintah (Pemprov) Provinsi Kalsel, Kecamatan Jaro telah ditetapkan sebagai satelitnya IKN.

Pemprov telah memperhitungkan, pertama yang merasakan dampak positif keberadaan IKN adalah wilayah Jaro. “Kita perlu memperkuat ketahanan pangan Kecamatan Jaro dan Tabalong,” ujar Anang.

BACA JUGA: Jadi Penyangga IKN, Bupati Tabalong Usulkan 4 Program Infrastruktur ke Komisi V DPR RI

Bupati Anang meminta setelah pembangunan Embung Jaro ini selesai, pihak Balai Wilayah Sungai bisa terus melaksanakan pembangunan lainnya, termasuk mengoptimalkan Lebak Ampukung yang memiliki potensi sekitar 3.500 hektar.

“Semoga kerjasama dan kebersamaan yang baik ini bisa berlanjut,” ucap Anang.

Sementara, Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Putu Eddy Purna Wijaya mengatakan, tujuan pembangunan embung Jaro ini untuk mengairi daerah irigasi seluas 1.016 hektar dan menanampung air baku.

“60 liter perdetik. Jadi, lebih dari 2.500 kepala keluarga itu bisa mendapatkan pelayanan air bersih”, pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:ground breaking pembangunan embung jaro
Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.