Kalsel Diklaim Basis Suara Pendukung Prabowo, Gerindra Target Cetak Hattrick di Pilpres 2024

0

SKEMA tiga kandidat yang bakal berlaga di pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang tak jadi soal bagi Partai Gerindra, khususnya di Kalimantan Selatan (Kalsel).

DUA kali even pilpres telah dimenangkan oleh jago Partai Gerindra; Prabowo Subianto. Ketua Umum Gerindra ini saat berduet dengan Hatta Rajasa pada Pilpres 2014 silam, bisa mendulang mendulang 941.809 suara atau 50,05 persen, mengalahkan Jokowi-Jusuf Kalla meraih 939.748 atau 49,95 persen suara.

Bahkan, raihan suara Prabowo mengalami kenaikan cukup signifikan pada suksesi RI 2019 dengan mencapai 582.354 suara. Sedangkan, suara Jokowi justru turun hingga 115.809 suara dibandingkan Pilpres 2014 lalu.

Pada Pilpres 2019, Prabowo Subianto  berduet dengan Sandiaga Uno meraih 1.470.163 suara atau 64.09 persen, berbanding dngan raihan suara pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya 823.939 suara atau 35.91 persen. Raihan suara ini tercatat dari total suara sah Pilpres 2019 di Kalsel mencapai 2.294.102 suara.

BACA : Target 11 Kursi, Bacaleg Partai Gerindra Di Daftarkan Di KPU Kalsel

Lantas bagaimana jika nanti Pilpres 2024 terjadi skema tiga petarung yakni Ganjar Pranowo diusung PDI Perjuangan, dan Anies Baswedan yang dimotori Koalisi Perubahan besutan NasDem, PKS dan Partai Demokrat di Kalsel?

“Tak ada masalah bagi Gerindra Kalsel. Kami siap mencetak hattrick (keberhasilan ketiga) bagi kemenangan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 nanti,” ucap Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel, Ilham Nor kepada jejakrekam.com, Senin (22/5/2023).

Menurut Ilham Nor, Kalsel sebagai basis suara pendukung Prabowo tentu akan dipertahankan pada even lima tahun memilih pemimpin nasional. “Kerja para relawan misalkan tentu akan ditopang kerja strategi Partai Gerindra dengan koalisinya,” kata mantan anggota DPRD Kalsel ini.

BACA JUGA : Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Presiden PKS Instruksikan Kader Rapatkan Barisan

Senada Ilham Nor, Bendahara DPD Partai Gerindra Kalsel Muhammad Isnaini memastikan mempertahankan basis suara pendukung Prabowo pada even Pemilu dan Pilpres 2024 menjadi sebuah keniscayaan.

“Para kader Gerindra harus turun ke masyarakat di Kalsel demi mempertahankan hattrick kemenangan pilpres. Ini menjadi sebuah kewajiban dan keharusan tanpa kecuali,” kata anggota DPRD Banjarmasin.

Menurut Isnaini, saat ini Gerindra Kalsel juga menunggu putusan atau kebijakan nasional terkait dengan koalisi pengusung Prabowo Subianto termasuk siapa yang akan jadi pendampingnya pada Pilpres 2024 mendatang.

BACA JUGA : Saga Kalsel Siap Menangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

“Memang di atas kertas, Gerindra sudah sepakat membentuk kongsi politik bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lewat Koalisi Silaturahmi Indonesia Raya. Apalagi, saat ini lobi-lobi politik juga intens dijalankan di tingkat elite pusat, termasuk menggandeng Partai Golkar dan parpol lainnya. Ini tentu akan bisa membentuk koalisi besar,” ucap Isnaini.

Dia tak menampik jika nanti ada skenario tiga kandidat di samping Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan, ada petarung lainnya yakni Anies Baswedan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini diusung tiga parpol membentuk Koalisi Perubahan.

BACA JUGA : Lihat Kinerja, DPW PAN Kalsel Deklarasikan Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024

“Keputusan pusat ini sangat dinantikan daerah. Yang pasti, kami tetap pertahankan Kalsel sebagai lumbung suara pendukung Prabowo Subianto pada pilpres nanti. Hal ini sudah menjadi strategi dan komitmen Gerinda Kalsel menyongsong even politik lima tahunan itu,” pungkas anggota Komisi III DPRD Banjarmasin ini.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/05/22/kalsel-diklaim-basis-suara-pendukung-prabowo-gerindra-target-cetak-hattrick-di-pilpres-2024/
Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.