Program Pelatihan Tenaga Kerja Merupakan Peluang Warga Untuk Berusaha

0

PELUANG masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan sangat terbuka, karena adanya program pelatihan tenaga kerja yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara.

WAKIL Ketua Komisi III DPRD Barut H Surian Noor mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan merupakan untuk peningkatan sumber daya manusia yang handal.

Dengan pelatihan itu kata dia, sebagai program penuntasan tenaga kerja yang selama ini menjadi harapan pemerintah daerah dan masyarakat lokal.

BACA: DPRD Barito Utara Minta Dibangun Kerja Sama Antara Masyarakat Dan Perusahaan

Saat ini belasan perusahaan beroperasi di wilayah Barut, namun untuk bekerja di sebuah perusahan harus punya skil atah keahlian. Dengan dilakukannya pelatihan, maka warga yang sudah mendapat pendidikan sangat terbuka untuk dapat lapangan pekerjaan.

“Mereka yang sudah dilatih ada juga magang di perusahaan, tentu ini sangat bagus dan bisa dimanfaatkan atau direkrut menjadi karyawan,” katanya, Senin (22/5/2023).

Sebagai contoh, ada pelatihan driver juga mekanik. Bila ini sudah bisa atau mampu dengan kemampuan tersebut, maka perusahan bisa merekrut mereka.

BACA JUGA: Pelatihan Teknisi Freelance Vsat Membentuk Tenaga Ahli yang Siap Pakai

Dengan direkrutnya tenaga kerja lokal yang sudah punya skil sesuai bidang, maka dapat meningkatkan kesejahteraan warga. “Memang selama ini kita akui masih banyak warga kita yang belum mampu bersaing, tapi dengan adanya program pelatihan setidaknya dapat memberikan kesempatan bekerja,” kata H Surian Noor.

H Surian Noor juga mengimbau kepada dinas yang membidangi, agar memberi kesempatan untuk pelatihan kepada masyarakat, agar nanti bila diperlukan oleh perusahaan sangat mudah direkrut sebagai tenaga kerja.

“Dengan banyaknya warga yang puny skil, maka perusahaan juga harus memanfaatkan tenaga kerja lokal, sesuai dengan apa yang diharapkan selama ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.