Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023, Paman Birin Pastikan Kalsel Siaga Penanganan Bencana Dan Karhutla

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin memastikan Kalsel siap melakukan penanganan bencana, khususnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

DISEBUTKAN Paman Birin pada apel siaga menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan serta Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023, Pemprov Kalsel telah menyiapkan langkah langkah strategis agar saat terjadi kebencanaan bisa tertangani dengan cepat.

“Berbagai upaya, dengan segenap sumber daya yang kita miliki, harus kita lakukan untuk meningkatkan kewasapadaan dan kesiapsiagaan. Sehingga kita dapat mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan dan lahan, yang berdampak pada terjadinya bencana kabut asap,” sebutnya, di Lapangan Pondok Pesantren (Ponpes) Cindai Alus Putra, Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (3/5/2023).

BACA: Waspadai Karhutla, BPBD Banjar Gelar Apel Siaga

Disampaikan Paman Birin, berdasarkan data BMKG pada tanggal 1 Mei 2023 kemarin, mulai kawasan Timur Indonesia diselimuti ultraviolet sinar matahari kategori berbahaya dan ekstrem, yang kemudian meluas hingga Kalimantan dan Sumatera.

Fenomena ini mengharuskan, untuk mewaspadai secepat dan sedini mungkin. karena di saat cuaca panas dan di musim kemarau, yang diperkirakan terjadi pada pertengahan bulan Mei hingga Agustus dan September, sangat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. “Berdasarkan data BMKG, harus kita waspadai terutama wilayah kita, ada titik-titik yang harus kita jaga, salah satunya wilayah bandara,” katanya.

Dikatakan Paman Birin, untuk mengamankan wilayah Bandara Syamsudin Noor dari kebakaran karhutla, pihaknya telah melakukan simulasi dengan melakukan pembukaan pintu air irigasi waduk Riam Kanan, serta pintu air yang berdekatan dengan Ponpes Darul Hijrah Putra.

Pintu air itu akan mengalirkan air ke kanal-kanal yang akan membasahi lahan gambut yang permukaan airnya sudah mulai menurun hingga ke wilayah Bandara Syamsudin Noor.

BACA JUGA: Siaga Karhutla, Simak Imbauan Kepala BPBD Banjarbaru

Pada kesempatan tersebut, Paman Birin juga meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang melanda Banua.

Pada apel siaga karhutla ini total personil yang hadir mencapai 700 orang. Pada apel tersebut Satgas Karhutla juga melakukan simulasi penanganan bencana karhutla.

Turut hadir Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian, Kajati Kalsel Mukri, Danlanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb Vincentius Endy Hadi Putra, Pimpinan Ponpes Darul Hijrah KH Zarkaysi, Kepala BPBD Kalsel R Suria, pejabat lingkup Pemprov Kalsel, serta tamu undangan lainya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.